Ketua KPU Agam Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sembuh Covid-19

Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Fernando Zhiminaicela/pixabay.com)

Langgam.id - Ketua Komisi Pemilih Umum (KPU) Agam, Sumatra Barat (Sumbar) Riko Antoni dinyatakan positif covid-19. Saat ini ia diminta untuk melakukan isolasi di rumah berdasarkan arahan dari gugus tugas.

Ketua KPU Agam Riko Antoni mengatakan dirinya baru dikabarkan lewat telepon oleh tim gugus tugas bahwa hasil tes swab dirinya positif covid-19. Sementara pengumuman resmi belum diberikan kepadanya.

"Iya ada positif covid-19, termasuk saya sendiri, kalau saya pribadi sudah dihubungi oleh dokter agar melakukan isolasi mandiri, jadi sekarang saya di rumah saja melakukan isolasi mandiri," katanya, Rabu (16/9/2020).

Meskipun dinyatakan positif covid-19, ia mengaku tidak merasakan sakit apapun. Tidak ada demam ataupun gejala covid-19 lainnya. Selera makannya juga tetap seperti biasanya dan penciuman juga tetap normal.

"Bagaimanapun itu kan hasil laboratorium, jadi kami mengikuti saja," katanya.

Ia mengatakan saat masih memastikan berapa orang yang positif covid-19 di KPU Agam. Berdasarkan informasi sementara ada sekitar 4 orang lainnya yang juga positif, terdiri dari komisioner hingga staf KPU.

Akibat adanya kasus positif covid-19 itu, KPU Agam kembali melakukan tes swab bagi seluruh orang di kantor KPU Agam yang berjumlah sekitar 37 orang lebih.

"Jadi pencegahan bagi kami kalau yang positif disuruh isolasi mandiri, sementara yang negatif kembali melakukan tes swab, swab ulang dilakukan hari ini," katanya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Sumbar 16 September: 118 Lagi Positif, Agam dan Padang Terbanyak

Meski positif covid-19, ia memastikan proses pilkada di kantor KPU Agam tetap berjalan. Tugas-tugas dilaksanakan oleh petugas yang dinyatakan negatif covid-19.

Diketahui lebih dari 100 orang menjalani tes swab pada minggu lalu, terutama dari unsur KPU Agam, Bawaslu Agam, petugas pengamanan dari TNI-Polri, dan para wartawan, dan bagian protokol pemkab Agam, hingga kini masih belum keluar hasil pemeriksaan labornya.

Mereka melakukan tes swab karena ikut di acara KPU Agam saat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati. Diketahui kemudian ada dua calon bupati yangdinayatakan positif covid-19 yaitu Trinda Farhan Satria dan Andri Warman. (Rahmadi/ABW)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Andre Rosiade mengakui kenegarawanan Prabowo Subianto dan ditunjukkan dengan bergabung pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.
Andre Rosiade: Kimia Farma Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal
Langgam.id - Sebanyak empat warga (anak) di Kabupaten Agam mengalami gagal ginjal akut, satu di antaranya dilaporkan meninggal dunia.
Kemenkes Pastikan Tak Ada Kaitan Gagal Ginjal Akut Pada Anak dengan Covid-19
Langgam.id - Dua pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgAPA) masih dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Wagub Sumbar Curhat ke Moeldoko Soal Peran RSUP M Djamil Saat Pandemi Covid-19
Kunjungi RSUP M Djamil Padang, Moeldoko: Covid-19 Membuat Perubahan Luar Biasa
Kunjungi RSUP M Djamil Padang, Moeldoko: Covid-19 Membuat Perubahan Luar Biasa
Langgam.id - Belasan Jemaah Haji asal Indonsia dilaporkan positif Covid-19 usai Tes Antigen setina di Debarkasi sejak 15 Juli 2022.
Belasan Jemaah Haji Asal Indonesia Positif Covid-19 Saat Tiba di Debarkasi
Langgam.id - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumbar terus gencarkan program Vaksinasi Covid-19 demi kekebalan kelompok masyarakat.
BIN Daerah Sumbar Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19, Kali Ini Sasar Pusat Perbelanjaan di Padang