Kepala Dinas di Payakumbuh Minta Tunda Penahanan Usai Berstatus Tersangka

Terjaring OTT, Tiga Oknum Pegawai Pemkab Pesisir Selatan Berstatus Tersangka

Ilustrasi penangkapan. (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyelewengan dana covid-19 tahun 2020. Demi menyelesaikan tugas, dirinya meminta penundaan penahanan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat.

Bakhrizal mengakui dirinya meminta penundaan penahanan lantaran masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Terutama, katanya, terkait upaya mengatasi pandemi covid-19.

"Kan tidak mungkin, pekerjaan banyak di kantor. (Penanganan, red) Covid-19, vaksinasi dan segala macam," katanya saat dihubungi langgam.id, Kamis (25/11/2021).

Menurut Bakhrizal, tidak mungkin dirinya ditahan sementara tugas kenegaraan banyak yang terbengkalai. "Ini hak saya juga untuk diajukan," tuturnya.

Meski begitu, Bakhrizal mengaku akan mengikuti segala prosedur hukum yang harus dilalui setelah ditetapkan sebagai tersangka. Proses yang akan dilewati masih panjang.

"Kita ikuti saja prosedur. Kita taat asas dan hukum. Kan ada praduga tak bersalah," katanya.

Informasi yang dihimpun Langgam.id, tersangka tersandung dugaan penyelewengan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan covid-19 tahun anggaran 2020. Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, pihak Kejari Payakumbuh telah melakukan pemeriksaan beberapa hari lalu.

Tim Pidana Khusus Kejari Payakumbuh juga melakukan penggeledahan di sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Selain OPD, pemeriksaan juga dilakukan di kantor RSUD Adnaan WD serta kantor Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Sago.

Setelah melewati proses penyelidikan panjang akhirnya Kejari Payakumbuh menetapkan satu orang tersangka. Dugaan kerugian negara diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (*)

Baca Juga

Korupsi Pembangunan Gedung RSUD, Kejari Pasaman Barat Tetapkan 5 Tersangka
Korupsi Pembangunan Gedung RSUD, Kejari Pasaman Barat Tetapkan 5 Tersangka
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kejati Sumbar juga mengakui bahwa ada dokumen yang masuk, namun akan ditelaah terlebih dahulu.
2 Tersangka Kasus Korupsi Tol Padang-Sicincin Ajukan Audit Perbandingan ke Kejati Sumbar
Langgam.id-Kejari Payakumbuh
Kejari Payakumbuh Belum Beberkan Kerugian Negara Soal Korupsi Dana Covid-19 Kadinkes
Langgam.id-Kadinkes Payakumbuh
Alasan Kejaksaan Tetapkan Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Tersangka Korupsi
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Soal Penggantian Nama Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Tidak Diganti, Hanya Dilengkapi
Sumbar 2045: Mahyeldi Jabarkan 8 Langkah Wujudkan Target RPJP
Sumbar 2045: Mahyeldi Jabarkan 8 Langkah Wujudkan Target RPJP