Kepala Bappenas Usulkan BPTU Padang Mengatas Dijadikan Aset Daerah

Kepala Bappenas Usulkan BPTU Padang Mengatas Dijadikan Aset Daerah

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat berkunjung ke Limapuluh Kota. (Dok. Pemkab Limapuluh)

Langgam.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengusulkan BPTU Padang Mengatas yang berada di Kabupaten Limapuluh Kota dijadikan aset daerah. Suharso menilai rencana itu akan disambut baik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya mengusulkan agar BPTU itu jadi aset derah. Presiden senang kalau ada yang punya ide yang diluar pakem, ide liar, banyak yang dapat dimanfaatkan dan dapat menggerakan ekonomi," kata Suharso, Jumat (9/4/2021).

Hal itu disampaikan Suharso saat berkunjung ke Limapuluh Kota. Dia didampingi Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi dan disambut Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

"Yang jadi persolan dari daerah adalah kita terpaku dengan sumber-sumber nasional," ucap Suharso.

Dalam pertemuan itu, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo juga menjelaskan soal pengelolaan BPTU milik Kementerian Pertanian itu. Dia berharap BPTU itu bisa menampung potensi yang dimilki peternak lokal khususnya dalam pembibitan.

"Kita sedang berbenah dalam pengembangan potensi kita di Lima Puluh Kota. Di Kabupaten Lima Puluh Kota dikelola secara nasional BPTU Padang Mengatas. Harapan kami pembibitan itu betul-betul ditingkatkan pada masyarakat sekitar, bibit ini bisa kita manfaatkan untuk anak nagari dan dijadikan sebagai objek wisata yang tertib dan teratur," ucap Safaruddin. (*ABW)

Baca Juga

Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB
Wali Nagari Guguak VIII Koto, Kabupaten Limapuluh Kota, YR resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai beredar foto tidak senonohnya dengan
Wali Nagari Guguak VIII Koto Mundur Usai Foto Tak Senonohnya Beredar, Bupati Tunjuk Plt
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
2.235 Pelari Ikuti Kejuaraan Harau Run 10K
Pengurus DPD Partai Golkar Limapuluh Kota berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kabupaten di Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan
HUT ke-59, Pengurus DPD Golkar Limapuluh Kota Ziarah ke Makam Pahlawan Situjuah Batua