Kemenkes Deteksi Adanya 5 Kasus Probable Omicron di Indonesia

Langgam.id-omicron

Ilustrasi. [foto: canva.com]

Langgam.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendeteksi adanya lima kasus positif covid-19 probable (kemungkinan) Omicron.

Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers di Kanal Youtube Kemenkes, Kamis (16/12/2021).

Budi menjelaskan, kasus tersebut masih bersifat probable atau kemungkinan karena pasien baru menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan spesifikasi khusus.

Menkes Budi mengatakan, sampel tersebut saat ini sudah dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) untuk diteliti lebih lanjut.

“Diharapkan tiga hari kedepan sudah keluar hasilnya,” ujar Menkes Budi.

Ia mengungkapkan, dua di antara pasien tersebut merupakan warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

"Keduanya saat ini sedang menjalani karantina di RS Wisma Atlet," tutur Budi.

Sedangkan tiga pasien lainnya terang Budi merupakan warga negara asing dari China yang tiba di Manado. Saat ini ketiganya dikabarkan juga sedang menjalani isolasi.

Pada konferensi pers tersebut, Budi turut menginformasikan bahwa kasus pertama pasien terkonfirmasi positif covid-19 varian Omicron telah terdeteksi.

Pasien tersebut merupakan pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet.

“Data–datanya juga sudah dikonfirmasi ke GISAID dan memang betul data Sequencing Omicron,” kata Menkes Budi.

Pasien tersebut ungkapnya, terkonfirmasi positif covid–19 pada 10 Desember lalu bersama dengan dua pekerja lainnya.

Baca juga: Menkes: Pekerja Pembersih Wisma Atlet Positif Omicron

Sampel ketiganya kemudian dikirimkan ke Litbangkes untuk dilakukan Genome Sequencing dan satu diantaranya terkonfirmasi positif Omicron.

"Saat ini ketiga pasien tersebut sudah melakukan tes PCR kedua dan mendapatkan hasil negatif namun masih menjalani karantina di RS Wisma Atlet," bebernya.

Menkes mengatakan ketiga pekerja ini terkonfirmasi covid-19 tanpa gejala, sehat, tidak demam, dan tidak batuk. (*/Fauziah)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Andre Rosiade mengakui kenegarawanan Prabowo Subianto dan ditunjukkan dengan bergabung pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.
Andre Rosiade: Kimia Farma Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal
Langgam.id - Sebanyak empat warga (anak) di Kabupaten Agam mengalami gagal ginjal akut, satu di antaranya dilaporkan meninggal dunia.
Kemenkes Pastikan Tak Ada Kaitan Gagal Ginjal Akut Pada Anak dengan Covid-19
Langgam.id - Dua pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgAPA) masih dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Wagub Sumbar Curhat ke Moeldoko Soal Peran RSUP M Djamil Saat Pandemi Covid-19
Kunjungi RSUP M Djamil Padang, Moeldoko: Covid-19 Membuat Perubahan Luar Biasa
Kunjungi RSUP M Djamil Padang, Moeldoko: Covid-19 Membuat Perubahan Luar Biasa
Langgam.id - Belasan Jemaah Haji asal Indonsia dilaporkan positif Covid-19 usai Tes Antigen setina di Debarkasi sejak 15 Juli 2022.
Belasan Jemaah Haji Asal Indonesia Positif Covid-19 Saat Tiba di Debarkasi
Langgam.id - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumbar terus gencarkan program Vaksinasi Covid-19 demi kekebalan kelompok masyarakat.
BIN Daerah Sumbar Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19, Kali Ini Sasar Pusat Perbelanjaan di Padang