Kemenhub Hibahkan Bus Sekolah Seharga Rp663 Juta untuk Pemkab Agam

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Agam menerima hibah satu unit bus sekolah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI.

Pemkab Agam menerima hibah bus sekolah dari Kemenhub RI. [Foto: Dok. AmcNews]

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Agam menerima hibah satu unit bus sekolah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Bus sekolah yang dihibahkan tersebut seharga Rp663 juga dan kendaraan itu sudah dibeli sejak tahun 2018.

Penerimaan hibah barang milik negara itu ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian dan berita acara, antara Bupati Agam, Andri Warman dengan Dirjen Perhubungan Darat di Hotel Novotel Jakarta Barat, Jumat (28/10/2022).

"Terimakasih pada Kementerian Perhubungan yang telah menghibahkan satu unit bus sekolah kepada Pemkab Agam," ujar Andri dikutip dari AmcNews.

Menurut Andri, Pemkab Agam bangga bisa mnerima hibah tersebut karena bisa menjadi slah satu alat untuk mencapai visi dan misi, khususnya bidang pendidikan.

"Apalagi di tengah peningkatan inflasi saat ini, keberadaan bus sangat bermanfaat untuk antar jemput anak-anak sekolah. Sehingga dapat menekan biaya pengeluaran," ungkapnya.

Andri juga berjanji akan memanfaatkan busa itu semaksimal mungkin untuk kepentingan orang banyak, khususnya anak-anak sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Handria Asmi menyebutkan, untuk pengoperasian bus sekolah itu sudah dilakukan berbagai persiapan, mulai dari rapat dengan sekolah, penentuan rute dan jam keberangkatan.

Persiapan lain yang dilakukan, kata Handria, seperti penentuan jam pulang, awak bus dan pemeliharaan peralatan. "Semoga November ini sudah bisa dioperasionalkan, selain tiga bus yang sudah ada saat ini," ujarnya.

Baca juga: Bus Bawa Rombongan Sekolah Tabrakan Beruntun di Sitinjau Laut, 12 Siswa Luka-luka

Jadi, sebut Handria, dengan telah dihibahkannya bus sekolah itu, maka sisi pemeliharaan jadi tanggungjawab Dinas Perhubungan. Bahkan, pihaknya sudah menganggarkan untuk itu.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023