Kebun Stroberi di Balingka, Usaha Keluarga yang Jadi Daya Tarik Wisata

Langgam.id - Jorong Pahambatan, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Agam memiliki kebun stroberi milik pribadi yang dijadikan objek wisata.

Kebun Stroberi. [Foto: Fb Kebun Stroberi Angah Bancah]

Langgam.id - Jorong Pahambatan, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam memiliki kebun stroberi milik pribadi yang dijadikan objek wisata. Di loksi itu, pengunjung bisa memetik stoberi secara langsung.

Usaha keluarga itu merupakan milik pasangan suami istri Darsman Sutan Panghulu dan Suwarni, dan dijadikan salah satu agrowisata yang dibuka untuk umum setiap hari.

Selain bisa memetik langusng dari batangnya, para pengunjung juga bisa membeli stroberi yang telah dipetik dan dikemas seharga Rp80.000 per kilogram.

Darsman dan istrinya menamakan kebun stroberi itu dengan nama Kebun Stroberi Angah Bancah. Mereka juga menyediakan bibit stroberi dan sarung stroberi.

Lalu, juga ada keripik daun stroberi, stik sulur stroberi, sirup stroberi, teh telur stroberi, serta selai stroberi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman saat berkunjung ke lokasi itu mengatakan, bahwa pemerintah sangat mendukung warga yang mau mengembangkan usaha stroberi, khususnya di Nagari Balingka.

Di Nagari Balingka, kata Andri, termasuk wilayah yang sudah cukup banyak menghasilkan stroberi di Kabupaten Agam. Hingga saat ini, sudah terdapat lebih dari 20 kebun stroberi yang dikelola, baik untuk tujuan produksi maupun agrowisata.

"Agam nanti akan kita jadikan daerah tujuan wisata. Pemda Sumatera Barat sudah mencanangkan tahun 2023 nanti menjadi tahun pariwisata. Salah satu pengembangan wisatanya adalah adanya pokdarwis-pokdarwis dan wisata stroberi yang dipetik sendiri," ujar Andri dikutip dari AmcNews, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Negeri Dingin Tanpa Salju yang Tersembunyi di Ranah Minang

Andri juga berharap, agrowisata kebun stroberi dapat terus berkembang dan mendukung terwujudnya tahun pariwisata tahun 2023.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tag:

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023