Kebakaran Pasar di Pesisir Selatan Dipicu Korsleting Arus Pendek

kebakaran

ilustrasi kebakaran (pixabay.com)

Langgam.id - Kebakaran melanda Pasar Kuok Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (15/11/2019) dini hari sekitar pukul 00.00 WIB. Api menjalar cepat hingga menghanguskan  32 kios yang menjual berbagai macam dagangan.

Menurut Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Pesisir Selatan, Daililpal, sumber api diduga dipicu akibat korsleting arus pendek yang terjadi di sebuah kios bagian tengah. Api cepat menjalar di bagian kios yang berada di sisi kanan dan kiri hingga menghanguskan puluhan petak kios pedagang.

"Sumber api sementara memang arus pendek di bagian tengah. Makanya api menjalar di kiri dan kanan kios pedagang yang menjual bermacam bahan kebutuhan," ujar Daililpal saat dihubungi langgam.id, Jumat (15/11/2019).

Ia menyebutkan, kios-kios yang terbakar berada di blok l dengan total bangunan 32 kios. Dari puluhan kios yang terbakar, pemilik kios hanya berjumlah 18 pedagang dari bermacam dagangan.

"Satu pedagang ada yang memiliki dua hingga tiga kios. Makanya total pemilik yang sebagai korban hanya 18 pedagang, tapi kios yang terbakar 32 unit," katanya.

Perlu diketahui, proses pemadaman baru berhasil dilakukan hampir empat jam setelah petugas damkar berjibaku dengan mengerahkan tiga unit damkar. Pihak kepolisian, masih terus melakukan penyelidikan terkait kebakaran ini.

Hingga kini, belum diketahui total kerugian dalam peristiwa kebakaran tersebut. Unsur Kecamatan, Wali Nagari dan Disperindag sedang berada di lokasi kebakaran untuk menghitung kerugian.

"Teman-teman sedang menghitung ya berapa kerugian. Yang baru terdata hanya jumlah kios terbakar, masih menunggu dan upaya yang akan diambil bagi korban pedagang," pungkasnya. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim Randang Lokan Pesisir Selatan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia.
Randang Lokan Pesisir Selatan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
Sejumlah Titik Jalan Terputus Akibat Banjir di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui
Sejumlah Titik Jalan Terputus Akibat Banjir di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui
Jalur lintas Padang-Painan lumpuh total akibat adanya longsor Kecamatan Koto XI Tarusan. Tidak itu saja, lintas Padang-Bengkulu sementara
Jalur Lintas Padang-Painan Lumpuh Total, Padang-Bengkulu Tak Bisa Dilalui
Sumbar Dikepung Bencana, BNPB: 3 Meninggal, 9 Orang Hilang di Pesisir Selatan
Sumbar Dikepung Bencana, BNPB: 3 Meninggal, 9 Orang Hilang di Pesisir Selatan
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam