Kantongi SK Kemenkumham, Nanda Satria Ajak Pemuda Sumbar Rapatkan Barisan

Kantongi SK Kemenkumham, Nanda Satria Ajak Pemuda Sumbar Rapatkan Barisan

Ketua DPD KNPI Sumbar Nanda Satria bertemu Ketua DPRD Sumbar. [Irwanda/Langgam.id]

Langgam.id- Penyatuan Kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan Sertifikat Merek (Hak Kekayaan Intelektual/HAKI).

SK Nomor HU-0001273.AH.01.08.Tahun 2022 menegaskan Kepengurusan DPP KNPI yang diketuai Ryano Panjaitan dan Sertifikat Merek (Hak Kekayaan Intelektual/HAKI) dari Kemenkumham RI.

Merespons ini, Ketua DPD KNPI Sumbar Nanda Satria pun mengajak para pemuda untuk segera merapatkan barisan, bersatu di bawah kepengurusan yang sah dan memiliki legalitas hukum yang jelas.

"Pertama, saya ingin sampaikan bahwa kami dari DPD KNPI Sumbar sudah memegang salinan SK Kemenkumham dan HAKI yang diserahkan Ketua Umum DPP KNPI, Ryano Panjaitan. Ini perlu disampaikan kepada publik untuk merespons yang masih ingin adanya dualisme dan lainya," kata Nanda, Senin (24/10/2022).

Dengan terbitnya SK Kemenkumham dan HAKI tersebut, Nanda berharap tak ada lagi perbincangan mengenai dualisme kepengurusan KNPI.

"Kami minta tak ada lagi pihak-pihak yang berusaha memecah belah pemuda Sumatera Barat," katanya yang didampingi Sekrestaris DPD KNPI Sumbar, Muhammad Nazif.

Nanda mengajak pemuda Sumbar bersatu membangun daerah ini. "Dari awal kepengurusan, kami sudah menyerukan dan mengajak semua elemen pemuda untuk bahu-membahu membangun Sumbar yang lebih baik, lebih maju ke depannya," tuturnya.

Ia menyadari sangat banyak persoalan-persoalan masyarakat, dan persoalan pemuda itu sendiri yang butuh campur tangan pemuda dalam mencari solusinya. Belum lagi saat ini tantangannya cukup berat, terutama persoalan ekonomi, yang berimbas pada kelangkaan peluang kerja serta masalah lainnya.

"Ujung-ujungnya masalah sosial yang perlu campur tangan pemuda untuk menyelesaikannya. Ini memerlukan kekompakan semua elemen pemuda untuk mendorong penyelesaiannya," kata Nanda.

Sementara itu Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sumbar, Fadly Amran meminta semua pihak menghormati SK Kemenkumham dan HAKI tersebut. Ia berharap tak ada lagi perbincangan mengenai dualisme kepengurusan KNPI.

"Harapan kami kepada seluruh pihak, baik pemerintah, OKP serta Ormas, untuk dapat memperhatikan legalitas yang ada ini. Kami mengajak agar pemuda segera meninggalkan konflik yang ada dan dapat bersatu untuk pergerakan ke depannya," kata Fadly.

Menurutnya, KNPI ke depan harus fokus kepada kegiatan untuk memajukan pemuda, tidak lagi ribut dengan gejolak dualisme. Ia menegaskan organisasi kepemudaan ini sudah harus fokus bekerja, dan semua elemen di KNPI bahu membahu membangun organisasi.

Baca Juga: Maksimalkan Bonus Demografi, KNPI Minta Pemuda di Sumbar Melek Politik

"Kita ingin KNPI bisa menjadi kekuatan yang besar dengan dukungan penuh dari pemuda. Dan KNPI harus bisa melahirkan SDM yang unggul. Kalau pemuda kita tangguh mandiri secara ekonomi, kita akan betul-betul kuat dan berjaya," tuturnya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Nanda Satria resmi menjadi Ketua KNPI Sumbar. Pengukuhan dilakukan langsung Ketua Umum DPP KNPI.
Nanda Satria Dikukuhkan Jadi Ketua KNPI Sumbar, Target Tingkatan Kapasitas Pemuda
KNPI Sumbar yang Diketuai Angga Azkardha Dilantik Ketua DPP Haris Pertama
KNPI Sumbar yang Diketuai Angga Azkardha Dilantik Ketua DPP Haris Pertama
Nanda satria knpi sumbar
Musda KNPI Sumbar Tetapkan Nanda Satria Jadi Ketua
Sinyal Penyatuan KNPI Saat Musda di Padang, 2 Ketum Hadir Sekaligus
Sinyal Penyatuan KNPI Saat Musda di Padang, 2 Ketum Hadir Sekaligus
langgam.id-penghargaan
Wako Hendri Septa Terima Penghargaan Kepala Daerah Peduli Pemuda dari KNPI Sumbar
KPU terus memperbarui perolehan suara pemilihan legislatif (pileg) di DPRD Padang. Untuk sementara, PKS memimpin perolehan suara pada
Berikut Caleg yang Meraih Suara Tertinggi Sementara di 6 Dapil DPRD Padang