Kalahkan Turkmenistan, Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia 2024

Kalahkan Turkmenistan, Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia 2024

Timnas Indonesia U23 menghadapi Turkmenistan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Langgam.id - Tim nasional sepak bola U23 Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U23 di Qatar 2024 usai menekuk Turkmenistan 2-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah pada Selasa malam, 12 September 2023.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana turut menyaksikan momen bersejarah tersebut karena untuk pertama kalinya Indonesia akan berlaga pada kejuaraan tersebut.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa ia sengaja datang untuk memberikan dukungan secara langsung kepada penggawa Garuda Muda. Menurut Presiden, kemenangan timnas U23 juga bersejarah karena untuk pertama kalinya berhasil mengalahkan Turkmenistan sejak 2012.

"Saya datang bersama Pak Ketua PSSI, Pak Erick Thohir, untuk memberikan dukungan laga pada malam hari ini antara U23 kita, timnas kita dengan Turkmenistan dan laganya saya lihat sangat keras, saling menyerang, dan sudah kita ketahui hasilnya 2-0. Ini sejarah karena--saya diberi tahu tadi--sejak 2012 sampai sekarang kita belum pernah menang dengan Turkmenistan. Saya kira ini hadiah ulang tahunnya Pak Erick," ujar Presiden seusai pertandingan, dikutip dari siaran resmi istana.

Dalam pertandingan melawan Turkmenistan, Garuda Muda berhasil unggul di babak pertama melalui gol yang dicetak oleh Ivar Jenner pada menit ke-40. Pada babak kedua, Indonesia memantapkan kemenangannya dengan gol yang dicetak melalui sundulan Pratama Arhan pada menit akhir menjelang peluit panjang dibunyikan wasit.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi kerja sama apik antarlini timnas Indonesia dalam pertandingan tersebut. "Saya kira tadi kita melihat semua lini saling mendukung dengan baik. Depan baik, tengahnya baik, belakangnya baik, saya kira itu yang kerja samanya saya lihat sudah saling ngerti dan semua bermain baik," ucapnya.

Dengan kemenangan tersebut, timnas U23 Indonesia berhasil memuncaki klasemen grup K kualifikasi Piala Asia U23 2024 dengan mengantongi 6 poin, hasil dari dua kali kemenangan. Kemenangan pertama timnas Indonesia diraih saat mencukur China Taipei 9-0 pada Sabtu (09/09/2023) lalu.

Kepala Negara pun berharap timnas U23 Indonesia bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang menuju putaran final Piala Asia U23 di Qatar yang akan dilangsungkan pada 15 April-3 Mei 2024. Presiden Jokowi meyakini timnas U23 Indonesia akan tampil dengan lebih siap di Qatar nanti.

"Ya ini kan masih agak panjang, di April ya sehingga persiapannya lebih panjang sehingga menurut saya kita akan ke sana dengan kondisi yang jauh lebih siap. Saya kira semuanya bermain baik," ungkap Presiden.

"Sekali lagi, masih panjang sampai di April 2024, harus terus menjaga agar kerja samanya makin baik dan passing-nya tidak ada yang salah ya," tambahnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakoso. (*/Fs)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Baznas Kabupaten Dharmasaraya menyerahkan penyaluran zakat untuk bantuan biaya berobat dan pendampingan dirumah sakit dalam program
Baznas Dharmasraya Serahkan Bantuan Biaya Berobat dan Pendampingan di Rumah Sakit
Minggu Sampai Jumat Pagi, Gunung Marapi Meletus Sebanyak 72 Kali
Minggu Sampai Jumat Pagi, Gunung Marapi Meletus Sebanyak 72 Kali
Wali Nagari Sungai Rumbai Sutan Riski menerima kunjungan dari Dinas PUPR Kabupaten Dharmasraya, Kamis (19/10/2023).
Bertemu Dinas PUPR, Wali Nagari Sungai Rumbai Bahas Program Pembangunan PJU
Baznas Dharmasraya daftarkan 89 orang mustahik menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam program Dharmasraya Makmur. Para mustahik tersebut
Baznas Dharmasraya Daftarkan 89 Orang Mustahik Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Andre Rosiade: Sabtu Prabowo ke Sumbar, Kunjungi Marapi dan Pasar Raya
Andre Rosiade: Sabtu Prabowo ke Sumbar, Kunjungi Marapi dan Pasar Raya
Rancang peraturan daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah disusun sebagai tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang
Bupati Dharmasraya Sampaikan Nota Penjelasan Terkait Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah