Kabut Asap Pekat, Pegawai BI Riau Diungsikan ke Sumbar

Kabut Asap Riau

Ilustrasi kabut asap. (Foto: mwewering/pixabay.com)

Langgam.id- Sebanyak 67 orang keluarga pegawai Bank Indonesia (BI) di Provinsi Riau diungsikan ke Sumatra Barat sejak, Selasa, (17/9/2019). Hal ini diakibatkan oleh bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih terjadi di wilayah itu.

Keputusan tersebut merupakan hasil koordinasi BI di Riau dengan Satgas Manajemen Keberlangsungan tugas Bank Indonesia (MKTBI) di Jakarta. Pemilihan lokasi mengungsi di Sumatera Barat karena kualitas udaranya relatif masih bagus. Meski dikabarkan ada kabut asap tapi tidak separah di Pekanbaru.

Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A, saat dihubungi di Padang, Sabtu, (21/9/2019) mengatakan pegawai BI diungsikan kondisi asap di Riau. Hingga saat ini kabut asap masih pekat menyelimuti Kota Pekanbaru.

Sehingga kualitas udara menjadi tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan. Karyawan yang diungsikan akan berada di Kota Padang sampai kondisi udara di Riau membaik.

"Iya kita ungsikan ke Sumbar, lamanya sampai kondisi asap membaik sehingga baru bisa dipulangkan," katanya.

Sedangkan untuk lokasi pengungsian dipusatkan di Hotel Pangeran di Kota Padang. Pengungsi dibawa sejak Selasa lalu dengan mengunakan bus ke kota Padang. (Rdi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Kemenag RI mengajak dan mengimbau agar seluruh masyarakat ikut Salat Gaib untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Kemenag Imbau Masyarakat Salat Gaib untuk Korban Gempa Cianjur, ASN Galang Donasi
Langgam.id - BMKG mencatat Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu daerah di Sumbar yang berstatus siaga bencana hingga Desember 2022.
Sejak 14 November, 29 Bencana Alam Terjadi di Agam
Langgam.id - BMKG mencatat Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu daerah di Sumbar yang berstatus siaga bencana hingga Desember 2022.
2 Titik Longsor di Sitinjau Lauik Lumpuhkan Jalur Padang-Solok
Langgam.id - BMKG mencatat Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu daerah di Sumbar yang berstatus siaga bencana hingga Desember 2022.
Berstatus Siaga Bencana hingga Desember, Pemkab Dharmsraya Ingatkan Waspada Banjir dan Longsor
Langgam.id - Gempa bermagnitudo 6,1 telah meluluhlantahkan sebagian daerah di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).
Potret Terkini Pasaman Barat Usai Diguncang Gempa Magnitudo 6,1
Langgam.id - Kepala BNPB minta Pemkab Pasbar segera menuntaskan segala hal yang berkaitan dengan proses rehabilitasi dan rekonstruksi gempa.
BNPB Desak Pemkab Tuntaskan Pendataan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gempa Pasbar