Kabupaten Kepulauan Mentawai Targetkan Jadi Pemasok Sapi

Kabupaten Kepulauan Mentawai Targetkan Jadi Pemasok Sapi

Ilustrasi - Sapi. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menargetkan bisa menjadi pemasok sapi dalam tahun-tahun mendatang.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake saat menghadiri penutupan Kontes Ternak Livestock Expo 2019 di Padang, Jumat (28/6/2019).

Acara yang digelar Dinas Peternakan Provinsi Sumatra Barat pada 26-28 Juni 2019 tersebut, diakui Kortanius bermanfaat untuk mendorong sektor peternakan di Mentawai. Demikian dilansir Dinas Kominfo Sumbar di situs resmi Pemprov, Sabtu (29/6/2019).

“Ini perdana kami mengikuti Kontes Ternak dan Livestock Expo, semoga Kabupaten Kepulauan Mentawai terus berpartisipasi pada tahun-tahun berikutnya,” ujarnya melalui wawancara dengan Tim MMC pada event yang dipusatkan di halaman belakang Kantor Wali Kota Padang, Air Pacah.

Ia mengatakan, berupaya mengembangkan sektor perternakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan mendorong peternakan sapi dan kambing.

Dikatakan bahwa masyarakat daerah Kepulauan Mentawai pada umumnya bergerak di sektor pertanian, namun demikian Kortanius meyakini Mentawai mempunyai potensi yang cukup besar di sektor peternakan.

Menurutnya, banyak program-program pemerintah untuk memajukan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi produsen di sektor pertanian dan peternakan melalui pemberdayaan kelompok-kelompok peternakan.

Kortanius mengatakan, banyak hal penting yang dapat dipelajari masyarakat Mentawai melalui kegiatan ini, khususnya untuk terus mengembangkan produksi perternakan melalui metode organik, dan tidak terus bergantung pada bahan-bahan kimia.

“Kami ingin belajar dan meminta dukungan kepada pemerintah terutama bantuan bibit, kemudian melalui pelatihan-pelatihan petani dan peternak. Kami juga berharap pihak perbankan bisa memberi kemudahan pinjaman untuk mengembangkan hasil-hasil pertanian maupun perternakan,” ujar Kortanius. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan
Selesai Dibangun, Bandara Baru di Mentawai Siap Dioperasikan Tahun Ini
Peternak di Agam Didorong Manfaatkan Pakan Alami
Peternak di Agam Didorong Manfaatkan Pakan Alami
Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
2 Warga Dilaporkan Terluka Akibat Gempa M 6,1 di Mentawai
2 Warga Dilaporkan Terluka Akibat Gempa M 6,1 di Mentawai
ekspedisi-rupiah-berdaulat-2022-bi-sumbar-bawa-rp-59-miliar-ke-mentawai
Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, BI Sumbar Bawa Rp 5,9 Miliar ke Mentawai
Berita Mentawai - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pemprov masih menyiapkan nama yang bakal menjadi Pj Bupati Kepulauan Mentawai.
Siapkan 3 Nama, Pemprov Sumbar Masih Proses Calon Pj Bupati Mentawai