Kabar Baik, 2 Pasien Positif Covid-19 Asal Pesisir Selatan Sembuh

Labor Unand Covid-19 Sumbar

Ilustrasi tes covid-19. (Foto: Fernando Zhiminaicela/pixabay.com)

Langgam.id - Dua pasien positif terpapar covid-19 asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) kembali dinyatakan sembuh. Mereka di antaranya berinisial Y (42 tahun) dan YS (42 tahun) telah diperbolehkan pulang.

Hal ini dibenarkan Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Rinaldi. Menurutnya, dengan dua pasien sembuh itu, maka total keseluruhan warga Pesisir Selatan sembuh berjumlah lima orang.

"Sore tadi kami mendapat informasi melalui pesan WhatsApp dari Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, bahwa pasien ketujuh dan kedelapan sudah sembuh. Mereka sudah diperbolehkan pulang," kata Rinaldi dalam keterangan tertulisnya kepada langgam.id, Minggu (26/4/2020) malam.

Rinaldi mengungkapkan dua pasien dinyatakan sembuh dari covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab untuk dua kali terakhir negatif. Dengan begitu, dipastikan tidak ada terinfeksi virus di tubuhnya.

"Kedua pasien ini dinyatakan positif pada 18 April lalu dan diisolasi di Bapelkes Sumbar sejak 19 April lalu," tuturnya.

Baca juga : RSUD M Natsir Solok Punya Alat Deteksi Covid-19 dengan Akurasi Lebih Tinggi

Meskipun ada dua orang dinyatakan sembuh, namun di hari yang sama juga ada dua penambahan pasien positif lagi asal Pesisir Selatan. Mirisnya, satu di antaranya bocah perempuan berusia enam tahun dan seorang mahasiswa 29 tahun.

Rinaldi menyebutkan, untuk bocah perempuan ini diduga terpapar dari orang tuanya. Ibunya, diketahui Y yang dinyatakan sembuh tersebut. Namun pihaknya masih mempertimbangkan untuk bocah ini diisolasi mandiri di rumah.

Baca juga : Bertambah 19 Orang, Total Positif Corona di Sumbar Jadi 121 Kasus

Untuk ayah kandung bocah tersebut, katanya, hasil pemeriksaan dinyatakan negatif. Namun karena anaknya diumumkan positif, terpaksa dilakukan pemeriksaan swab lanjutan karena sempat kontak fisik langsung.

"Ayahnya sebenarnya negatif, tapi karena anaknya positif yang membawa anak ini ayahnya. Tentu terpaksa kami periksa kembali, namanya anak enam tahun kalau tidak sama ayahnya tidak mau," ujarnya. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Dua warga terseret arus Batang Sungai Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Kamis (8/5/2024) sekitar pukul
2 Warga Terseret Arus Sungai Batang Lunang Pessel saat Langsir Sawit
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Stunting di Pesisir Selatan Meningkat, Capai 2.314 Kasus