Jumlah Kurban di Padang Panjang Naik, Mencapai 609 Sapi

Jumlah Kurban di Padang Panjang Naik, Mencapai 609 Sapi

Pemeriksaan hewan kurban di Padang Panjang. (Foto: Diskominfo Kota Padang Panjang)

Langgam.id - Jumlah kurban di Kota Padang Panjang pada tahun ini naik cukup banyak dibanding tahun sebelumnya. Bila pada tahun lalu sebanyak 575 hewan kurban, pada tahun ini 609 sapi dan 19 ekor kambing.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), drh. Wahidin Beruh mengatakan kenaikannya 9,2% atau sebanyak 53 ekor hewan kurban.

Menurutnya, hewan kurban itu dipotong di 116 lokasi pemotongan di Kota Padang Panjang sejak Selasa (20/7/2021) hingga sehari setelahnya, atau pada Rabu (21/7/2021) hari ini.

Ia mengatakan, hewan kurban pihaknya telah memeriksa hewan kurban sebanyak dua kali. Di antaranya sebelum pemotongan (mortem) dan setelah atau saat pemotongan (post mortem).

"Kita telah membentuk tim untuk pemeriksaan hewan kurban ini. Beberapa minggu ini sudah dilaksanakan pemeriksaan oleh tim," ujarnya, sebagaimana dirilis akun resmi Kominfo Kota Padang Panjang.

Satu tim, menurutnya, bertanggung jawab memeriksa hewan kurban di dua kelurahan. "Diperiksa hewan kurban sesuai dengan syariatnya," ujarnya.

Saat pemotongan hewan, tim pemeriksaan hewan juga akan turun turun langsung ke tempat pemotongan untuk dilakukan pemeriksaan post mortem. Untuk memastikan hewan kurban aman saat disembelih, sesuai dengan syariat dan kaidah kesejahteraan hewan (kesrawan), dan juga kesehatan organ dalam dari hewan kurban tersebut. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Harga Cabai, ramadan sembako, cabai pasar raya padang
Awal Tahun, Harga Komoditas Pangan di Padang Panjang Stabil
Langgam.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar menyelidiki kasus dugaan pemalsuan tanda tangan Mamak Kepala Kaum Suku Koto Nan Baranam.
Tanda Tangan Dipalsukan Kemenakan untuk Jual Tanah, Mamak Kepala Kaum di Padang Panjang Lapor Polisi
42 Karya Seni Ditampilkan di Pameran Tambo Art Padang Panjang
42 Karya Seni Ditampilkan di Pameran Tambo Art Padang Panjang
BLT Corona Padang, bansos tunai
2.012 KPM di Padang Panjang Terima BLT, Sembako hingga PKH
Baznas Pasaman Barat, beras surplus, ppn
Harga Komoditas di Padang Panjang: Beras Stabil, Daging Ayam Mulai Naik
Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran (Foto: IG fadlyamran)
Pemko Padang Panjang Bakal Tanggung BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Rentan