Jumlah Kurban di Padang Panjang Naik, Mencapai 609 Sapi

Jumlah Kurban di Padang Panjang Naik, Mencapai 609 Sapi

Pemeriksaan hewan kurban di Padang Panjang. (Foto: Diskominfo Kota Padang Panjang)

Langgam.id - Jumlah kurban di Kota Padang Panjang pada tahun ini naik cukup banyak dibanding tahun sebelumnya. Bila pada tahun lalu sebanyak 575 hewan kurban, pada tahun ini 609 sapi dan 19 ekor kambing.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), drh. Wahidin Beruh mengatakan kenaikannya 9,2% atau sebanyak 53 ekor hewan kurban.

Menurutnya, hewan kurban itu dipotong di 116 lokasi pemotongan di Kota Padang Panjang sejak Selasa (20/7/2021) hingga sehari setelahnya, atau pada Rabu (21/7/2021) hari ini.

Ia mengatakan, hewan kurban pihaknya telah memeriksa hewan kurban sebanyak dua kali. Di antaranya sebelum pemotongan (mortem) dan setelah atau saat pemotongan (post mortem).

"Kita telah membentuk tim untuk pemeriksaan hewan kurban ini. Beberapa minggu ini sudah dilaksanakan pemeriksaan oleh tim," ujarnya, sebagaimana dirilis akun resmi Kominfo Kota Padang Panjang.

Satu tim, menurutnya, bertanggung jawab memeriksa hewan kurban di dua kelurahan. "Diperiksa hewan kurban sesuai dengan syariatnya," ujarnya.

Saat pemotongan hewan, tim pemeriksaan hewan juga akan turun turun langsung ke tempat pemotongan untuk dilakukan pemeriksaan post mortem. Untuk memastikan hewan kurban aman saat disembelih, sesuai dengan syariat dan kaidah kesejahteraan hewan (kesrawan), dan juga kesehatan organ dalam dari hewan kurban tersebut. (*/SS)

Baca Juga

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
Jemaah Haji Asal Padang Panjang Meninggal Dunia di Tanah Suci
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Selama Idul Adha, 620 Hewan Kurban Disembelih di Padang Panjang
Harga 10 Komoditas Pangan di Padang Panjang Turun
Harga 10 Komoditas Pangan di Padang Panjang Turun
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) menjamin stok LPG dalam keadaan aman dan tersedia di Sumbar saat Idul Adha
Pertamina Jamin Stok LPG 3 Kg di Sumbar saat Idul Adha 1445 H