Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun

Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun

Pemeriksaan hewan kurban di Padang Panjang. (Foto: Diskominfo Kota Padang Panjang)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Agam memprediksi jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada hari raya Idul Adha tahun ini diprediksi lebih sedikit atau turun dari tahun sebelumnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Agam memperkirakan pemotongan hewan kurban di Agam tahun ini diprediksi hanya 5.368 ekor, dengan rincian 5.186 ekor sapi dan 182 ekor kambing.

Angka itu lebih rendah dari pemotongan hewan kurban tahun sebelumnya, atau berkurang sebanyak 234 ekor.

Tahun lalu Kabupaten Agam memotong hewan kurban sebanyak 5.602 ekor, dengan rincian 5.486 ekor sapi dan 116 ekor kambing.

“Ini sesuai pendataan petugas di lapangan. Penurunan pemotongan hewan kurban diakibatkan berbagai faktor,” ujar Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu, dikutip dari Amcnews Jumat (7/6/2024).

Faktor yang mempengaruhi penurunan ini katanya, akibat melemahnya daya beli masyarakat, sehingga pedagang pengepul mengurangi dan juga ada tidak menstok hewan kurban.

“Jumlah peserta kurban dibeberapa masjid juga berkurang. Bahkan beberapa kecamatan terdampak bencana, juga menunggu kurban dari rantau,” sebutnya.

Menurut Arief, beberapa faktor itu menyebabkan menurunnya pemotongan hewan kurban pada 1445 hijriah. Namun, untuk harga hewan kurban naik Rp2 juta -Rp3,5 juta per ekor. (*/Fs)

“Kini harga hewan kurban rata-rata mencapai Rp18-Rp20 juta per ekor,” katanya lagi.

Baca Juga

Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Desa Wisata Pesona Pagadih merupakan satu dari tiga desa wisata di Sumbar yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia
Masuk 50 Besar ADWI 2024, Desa Wisata Pesona Pagadih Agam Bakal Dikunjungi Kemenparekraf
Kepala Dinas (Distan) Kota Padang, Yoice Yuliani mengatakan, pada Idul Adha 1445 H/2024 M, jumlah hewan kurban yang akan disembelih di Padang
Jumlah Hewan Kurban yang Disembelih di Padang Diprediksi 7 Ribu Ekor
Dinas Pertanian Kota Padang menurunkan tim kesehatan hewan (Keswan) untuk mengecek kesehatan hewan kurban di daerah tersebut.
2 Ribu Hewan Kurban Sudah Diperiksa, Distan Padang: yang Layak Dikurbankan 1.550 Ekor
Pemerintah Jamin Ketersediaan Hewan Kurban
Pemerintah Jamin Ketersediaan Hewan Kurban