Jokowi Pangkas Eselon, Jabatan 1.300 PNS Pemko Padang Terancam

gaji asn, asn, asn imlek, cpns 200, jam kerja asn, gaji ke-13, ASN PNS PPPK

Sejumlah ASN mengikuti upacara (Foto: Dok. Kemenpan RB)

Langgam.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana melakukan perombakan sistem birokrasi dengan cara memangkas jumlah pejabat eselon di setiap kementerian dari empat menjadi dua level.

Hal ini ditegaskankannya dalam pidato usai resmi dilantik kembali menjadi presiden Indonesia periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR pada Minggu (20/10/2019) lalu.

“Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi,” kata Jokowi.

Hingga kini, pemerintah daerah masih menunggu keputusan pemerintah pusat terhadap apa yang disampaikan orang nomor satu di Indonesia itu. Hal ini dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Habibul Fuadi.

Menurutnya, Pemko Padang setidaknya hari ini memiliki sekitar 1.300-an Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat eselon III dan IV. “Iya, mau dihapus. Kita tunggu arahan dari pusat, belum ada arahan,” ujar Habibul ketika dihubungi langgam.id, Rabu (23/10/2019) siang.

Jika rencana penghapusan eselon III dan IV ini direalisasikan, belum jelas bagaimana nasib para PNS yang kini menjabat posisi eselon. Pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN) kepada sejumlah media nasional menyebutkan bahwa, pengurangan tidak akan dilakukan secara drastis.

“Saya kira pasti ada tahapannya, tidak langsung secara drastis pengurangan,” ucap Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Perwakilan operator Trans Padang melakukan mogok operasi dan demo di Balaikota di Aia Pacah pada Senin. Demo operator Trans Padang
Cegah Operator Trans Padang Merugi, Wawako Minta Direktur PSM Agendakan Rapat
Jadi Percontohan Program SIIP, Wako Padang Terima Kunjungan Tim KIAT
Jadi Percontohan Program SIIP, Wako Padang Terima Kunjungan Tim KIAT
Wali Kota Padang Hendri Septa melantik sebanyak 37 orang Pejabat Administrator (eselon 3) di lingkungan Pemko Padang pada Jumat (23/2/2024).
Wali Kota Padang Lantik 37 Pejabat Eselon 3, Mulai dari Camat hingga Kabag Kesra
Sekda Padang Andree Algamar dorong ASN di lingkungan Pemko Padang untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada
Sekda Dorong ASN Pemko Padang Berikan Pelayanan Publik Efektif dan Efisien
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Padang terus berupaya meningkatkan kapasitas semua pengurus dan anggota. Termasuk bagi ketua dan
DWP Kota Padang Gelar Workshop dan Lomba Make Up Class
BPK Perwakilan Sumatra Barat kembali melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang Tahun 2023.
BPK Periksa LKPD 2023, Sekda: Semoga Pemko Padang Kembali Raih Opini WTP