Jemaah Haji Diminta Waspada Cuaca Panas di Madinah, Hindari Kaki Melepuh dan Heatstroke

Jemaah Haji Diminta Waspada Cuaca Panas di Madinah, Hindari Kaki Melepuh dan Heatstroke

Foto: Rina (Kemenag Sumbar)

Langgam.id - Cuaca di Madinah, khususnya di sekitar Masjidil Haram, saat ini cukup terik dengan suhu mencapai 40 derajat celcius. Jemaah haji diimbau untuk berhati-hati dan menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Leksmana Arry Chandra, mengingatkan jemaah untuk tidak berjalan tanpa alas kaki di pelataran Masjidil Haram, meskipun terasa panas. Hal ini berisiko tinggi menyebabkan kaki melepuh.

"Kalau jemaah berjalan tanpa alas kaki di pelataran yang panas, sangat berisiko kakinya melepuh," ungkap dr. Leks di Madinah, Minggu (12/5/2024).

Menurutnya, jemaah sering kali lupa meletakkan sandal mereka saat berada di dalam Masjid Nabawi. Untuk menghindari hal ini, dr. Leks menyarankan jemaah untuk membawa plastik untuk menyimpan sandal.

"Sandal yang dipakai, dimasukkan ke plastik dan dibawa saat masuk ke Masjid Nabawi. Bawa plastik untuk tempat menyimpan sandal,” pesan dr. Leks, panggilan akrabnya.

Tim PKP3JH beranggotakan gabungan dari tenaga medis. Mereka bertugas di lapangan, baik seksus (sektor khusus) Makkah maupun seksus Madinah. Meraka bisa dimintai bantuan dan konsultasi pengobatan, serta perawatan, termasuk juga mengatasi kaki melepuh.

“Cuaca diperkirakan akan semakin panas jelang puncak haji, bisa mencapai 48-50 derajat celsius. Jemaah diimbau menghindari cuaca panas, banyak minum air putih agar tidak terjadi heatstroke atau serangan panas," terangnya.

Bagi jemaah yang memiliki gangguan kesehatan terkait pernafasan, dr Leks mengimbau untuk mempersiapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi.

"Jika kondisinya membutuhkan penanganan medis, segera konsultasikan ke petugas kesehatan kloter," pungkasnya. (*/Yh)

Baca Juga

CJH Kloter 7 Embarkasi Padang diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Minggu (19/5/2024)
Meninggal Dunia, Satu CJH Kloter 7 Embarkasi Padang Gagal Berangkat ke Tanah Suci
Suasana Haru Lepas Keberangkatan 386 JCH di Padang
Suasana Haru Lepas Keberangkatan 386 JCH di Padang
Kloter 1 jemaah haji Embarkasi Padang 1445 Hijriah/2024 bersiap untuk menuju ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.
Dimulai Besok, Ini Jadwal Pemberangkatan Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Padang
Sebanyak 554 kelompok terbang (kloter) sudah terbentuk dan tervisa sesuai dengan jumlah kuota jemaah haji Indonesia.Diketahui pada tahun ini
554 Kloter Tervisa, Jemaah Haji Indonesia Siap Diberangkatkan Mulai 12 Mei
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
Berhaji Tahun Ini Disambut Cuaca Panas Terik di Arab Saudi, Berikut Imbauan Menag
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
PPIH Embarkasi Padang Berangkatkan 6.592 Jemaah Haji Tahun Ini