Jelang Idul Fitri, Wagub Sumbar Optimis Inflasi Lebih Stabil

Jelang Idul Fitri, Wagub Sumbar Optimis Inflasi Lebih Stabil

Wagub Sumbar Audy Joinaldy membuka Bazar Ramadan di halaman Kantor Gubernur Sumbar. (Foto: Infopublik)

Langgam.id - Meski laju inflasi Sumatra Barat per Maret 2024 mencapai 3,93 persen atau tertinggi di Pulau Sumatra, bahkan nomor empat se Indonesia. Namun, Pemprov Sumbar masih optimis inflasi selama Idul Fitri tahun ini bakal lebih stabil.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy sebagai salah satu provinsi produsen dan lumbung pangan di Sumatera bagian Tengah, optimistis jelang Lebaran tahun ini diprediksi akan mengalami stabilisasi harga pangan.

Dalam diskusi dengan Irjen Kemendagri Tomsi Tohir, beberapa waktu lalu, Audy menyampaikan optimismenya terhadap kondisi ketersediaan pangan dan laju inflasi Sumatra Barat selama Ramadan dan Idul Fitri.

"Biasanya harga di Kepulauan Mentawai lebih tinggi daripada harga di daratan. Tapi Alhamdulillah minggu ini Sumbar sebagai salah satu produsen dan lumbung pangan Sumatera Tengah, baik tanaman pangan, hortikultura, sejauh ini harga terkendali dan normal," ujar Audy, dikutip dari Infopublik, Rabu (3/4/2024).

Ia mencontohkan harga cabai merah yang melonjak beberapa pekan jelang Ramadan lalu, kini sudah stabil di hampir seluruh wilayah di Sumbar.

"Cabai merah misalnya, saat ini berkisar pada harga Rp40.000-Rp60.000 dan harga di kabupaten kota juga terkendali dan insyaallaah di lebaran ini Sumatera Barat inflasi tetap baik dan terkendali," sambungnya.

Capaian Sumbar dalam pengendalian harga dan pengamanan pasokan tersebut mendapat apresiasi dari Irjen Kemendagri Tomsi Tohir.

"Luar biasa pak wagub. Kalau cabai dapat teratasi berarti harga yang lain dapat teratasi, untuk Sumatra Barat," kata Tomsi. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Sejumlah pemerintah daerah (pemda) di Indonesia diundang oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk menerima piagam
Diundang Terima Penghargaan di Hari Otda, Pemkab Dharmasraya Satu-satunya dari Sumbar
elompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Embarkasi Padang direncanakan akan berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024 mendatang.
Manasik Haji di Padang Digelar 18-25 April 2024
Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 dilaksanakan di Auditorium UNP,
4 Guru Besar Bedah Visi dan Misi 11 Bakal Calon Rektor UNP
Gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) pada Senin (22/4/2024) sekitar pukul
Gempa M4,6 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Lokal
PNM Salurkan 2.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Pesisir Selatan
PNM Salurkan 2.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Pesisir Selatan