Jejak Karir Dody Prawiranegara yang Terlibat Kasus Narkoba bersama Teddy Minahasa Putra

Langgam.id - Kata-kata perang terhadap narkoba sebagaimana yang digaungkan anggota Polri tak ada habis-habisnya. Kini, mereka ikut terlibat.

Mantan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra bersama Mantan Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara memusnahkan BB sabu seberat 35 kilogram di Bukittinggi. [Foto: Dok. Polres Bukittinggi]

Langgam.id - Kata-kata perang terhadap narkoba sebagaimana yang digaungkan anggota Polri tak ada habis-habisnya. Kini, mereka yang dikenal sebagai garda terdepan untuk membasmi peredaran narkoba itu malah ikut terlibat.

Salah satunya Mantan Kapolres Kota Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara yang pernah mengungkap kasus besar peredaran sabu di Sumbar.

Di bawah naungan kekuasaan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra sebagai Kapolda Sumbar, pengungkapan kasus sabu seberat 41,4 kilogram di Bukittinggi itu menjadi prestasi cemerlang bagi mereka, karena merupakan kasus sabu terbesar yang berhasil diungkap sejak Polda Sumbar didirikan.

Terlepas dari itu semua, berikut jejak karir mantan Kapolres Bukittinggi yang saat ini menjabat sebagai Kabagada Rolog Polda Sumbar.

Jejak karir AKBP Dody Prawiranegara di Sumbar dimulai 2 September 2019. Ia dimutasi untuk menjabat sebagai Kapolres Mentawai berdasarkan telegram Kapolri nomor: ST/2317/IX/KEP/2019.

Sebelumnya, Dody menjabat sebagai Penyidik Madya l Ditresnarkoba Polda Jabar sejak 19 Juli 2019. Sebelum menjabat di Polda Jabar, Dody juga pernah dipercayai sebagai Kabag Ops Polrestabes Bandung.

Di Sumbar, setelah menjabat sebagai Kapolres Mentawai, Dody dipercayai untuk menjadi Kapolres Bukittinggi selama 1 tahun 10 bulan 7 hari.

Jabatan Dody sebagai Kapolres Bukittinggi digantikan AKBP Wahyuni Sri Lestari, dan Dody pindah ke Polda Sumbar.

Namun, kini karir Dody tersandung kasus sabu bersama Mantan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa, kasus itu ternyata berawal ketika Dody menjabat setahun lebih sebagai Kapolres di Bukittinggi.

Diberitakan sebelumnya, kasus penyalahgunaan Narkotika jenis sabu Mantan Kapolda Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Pol Teddy Minhasa Putra juga melibatkan mantan Kapolres Bukittinggi.

Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers yang disiarkan langsung akun resmi Divisi Humas Polri, Jumat (14/10/2022).

Dikatakan Sigit, awalnya Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus jaringan narkoba gelap, dan diamankan tiga warga sipil.

Kemudian, kata Sigit, dilakukan pengembangan kasus, ternyata mengarah dan melibatkan anggota polisiberpangkat Bripka dan anggota polisi berpangkat Kompol.

Baca juga: Dipimpin Kapolda, Polres Bukittinggi Musnahkan 35 Kg Sabu

“Hasil pemeriksaan itu, diketahui ada keterlibatan angota polisi berpangkat AKBP, hasil pengembangan kasus dari seorang pengedar mengarah kepada personel berpangkat AKBP, mantan Kalolres Bukittinggi,” kata Sigit.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap seorang pria berinisial Nas (46) yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan
Polisi Ciduk Dua Orang yang Transaksi Sabu di Payakumbuh, Satu Tersangka Kabur
Satres Narkoba Polres Padang Panjang menangkap residivis penyalahgunaan narkoba berinisial RC (42) di balai pemuda di Kampung Teleng,
Simpan Sabu, Residivis Kasus Narkoba Kembali Diciduk Polisi
Diduga menjual dan mengedarkan narkotika jenis sabu, pasangan suami istri (pasutri) ditangkap Sat Narkoba Polres Payakumbuh pada Minggu
Diduga Edarkan Sabu, Pasutri di Payakumbuh Diamankan Polisi
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Satresnarkoba Polres Dharmasraya berhasil meringkus seorang pengedar narkotika jenis sabu berinisial HP (41) pada Rabu (3/4/2024) sekitar
Edarkan Sabu, Seorang Warga Dharmasraya Ditangkap Polisi
Polres Limapuluh Kota melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis daun ganja kering pada Jumat (19/1/2024). Kegiatan ini dilaksanakan
Polres Limapuluh Kota Musnahkan Ganja 10 Kg Hasil Penangkapan Awal 2024