Jangan Tertipu, Kenali Cara Bedakan Alat Tes Swab Baru dan Bekas

alat tes swab

Kiper Persib Bandung asal Sumbar Teja Paku Alam menjalani tes swab. (Instagram @tejapakualaam)

Langgam.id - Berita penyalahgunaan alat tes usap (swab) dengan cara mencuci ulang untuk digunakan kembali di Bandara Kualanamu, Sumatra Utara, membuat banyak orang geram. Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi penggunaan alat tes swab yang memang masih baru dan penggunaan yang baik dan benar?

Ahli patologi klinik laboratorium Primaya Hospital Karawang Hadian Widyatmojo mengimbau agar sebelum melakukan swab, baik antigen maupun PCR, masyarakat perlu memastikan alat yang digunakan masih berada di dalam kemasan dan tersegel.

Masyarakat dapat meminta petugas untuk memperlihatkan alat tes PCR atau swab masih baru di dalam kemasan dan dibuka di depan pasien. "Anda bisa mencurigai jika tidak melihat alat swab tersebut dibuka dari tempatnya di depan Anda," ujar Hadian, dilansir dari Tempo.co, Jumat (7/5/2021).

Selain ditunjukkan dengan alat swab yang tersegel di dalam kemasan, masyarakat juga dapat memperhatikan indikasi-indikasi lain untuk mendeteksi apakah alat tersebut baru atau lama. Seperti permukaan swab stik berwarna putih bersih, masih mulus atau tidak kelihatan bergerigi, serta tidak beraroma.

"Alat swab harus mempunyai Nomor Izin Edar (NIE) dari Kementerian Kesehatan. Pasien dapat meminta petugas untuk diperlihatkan sertifikat NIE dari vendor alat," ujarnya(Tempo/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Melakukan perjalanan baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan selalu menjadi momen paling menyenangkan.
Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Tingkatkan Keamanan Traveling
Anak sekolah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup untuk .
Tips Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi
Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.
3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak
Perhitungan waktu tidur
Perhitungan Waktu Tidur Ini Dapat Digunakan Agar Segar Ketika Bangun Pagi
mengatasi hidung tersumbat
Ini Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat
memanfaatkan digital marketing
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Content Writer dan Content Creator