Jalan Tembus Pesisir Selatan-Solok Ditargetkan Selesai 2021

Jalan Tembus Pesisir Selatan-Solok Ditargetkan Selesai 2021

Ilustrasi jalan penghubung Pesisir Selatan dan Solok dalam peta. (Peta: openstreetmap.org)

Langgam.id - Pengerjaan proyek jalan antara Pasar Baru, Kabupaten Pesisir Selatan tembus ke Alahan Panjang, Kabupaten Solok diupayakan selesai tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit saat meninjau jalan Pasar Baru, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Rabu (4/3/2020) sore.

Dijelaskannya, total panjang jalan tersebut 44 kilometer. Sampai saat ini yang sudah terselesaikan sepanjang 23 kilometer. Pengerjaaan jalan masih tersisa 21 kilometer yang belum terselesaikan.

"Untuk menuntaskan jalan ini, dibutuhkan anggaran lebih kurang Rp70 miliar. Tentu ini dibutuhkan berbagai upaya, baik dari APBD Provinsi atau APBN," katanya.

Menurutnya, jika jalan yang menghubungkan dua daerah tersebut dapat diselesaikan, ia optimis akan memberikan dampat positif bagi kedua daerah tersebut. Terutama efisiensi waktu dalam membawa hasil daerah masing-masing.

"Pessel bisa membawa hasil perikanannya ke Solok lebih cepat. Begitu juga dengan Solok bisa membawa hasil sayur-sayurannya. Jika dihitung akan memangkas jarak sekitar 80 km, jika dibandingkan melewati Padang," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengerjaan awal jalan tersebut sudah dimulai sejak 2008 silam. Namun tidak bisa terselesaikan karena terkendala dengan anggaran.

"Mudah-mudahan anggaran 70 miliar tersebut segera kita dapatkan, namun tentu perlu dibicarakan dengan Gubernur, dan harapan kita 2021 bisa selesai," katanya.

Bila sudah selesai, pemprov menurutnya, akan coba mengusulkan agar jalan ini menjadi jalan nasional. "Kita coba usulkan ke Kementeriaan PUPR, dengan tujuan agar pemeliharaannya lebih mudah." ujarnya. (*/Rahmadi)

Baca Juga

Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan