Jalan Penghubung Sumbar-Sumut Amblas, Buka-Tutup Diberlakukan

Jalan amblas

Jalan nasional di Agam Amblas. (dok. BPBD Agam)

Langgam.id - Jalan lintas nasional di Jorong Pulupuh, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) amblas, Senin (21/9/2020). Hal ini mengakibatkan arus lalu lintas di sekitar lokasi menjadi terganggu.

Jalan lintas nasional tersebut menghubungkan Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Pasaman serta menuju Sumatra Utara. Hingga kini, petugas memberlakukan sistem buka tutup. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Lutfhi mengatakan, amblasnya jalan lintas nasional ini akibat curah hujan yang tinggi.

Baca juga: TNI Buka Jalan Baru di Pesisir Selatan, Warga Antusias

"Peristiwa ini sudah terjadi sejak tadi malam akibat curah hujan yang tinggi. Jalan yang amblas ini jalan nasional, ke Sumatra Utara juga melewati jalur ini," katanya dihubungi langgam.id, Senin (21/9/2020).

Lutfhi mengungkapkan untuk akses kendaraan masih dilalui untuk kendaraan roda dua dan minibus. Sistem buka tutup yang diberlakukan membuat arus kendaraan sedikit tersendat.

"Kondisi arus kendaraan sedikit terganggu. Pihak balai jalan nasional sedang berupaya melakukan perbaikan," ujarnya. (Irwanda/ABW)

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023