Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Kolesterol Naik, Kenali Tanda-tandanya

kolesterol

Ilustrasi (pixabay.com)

Langgam.id - Kolesterol pada dasarnya memang dibutuhkan bagi tubuh, salah satunya untuk membentuk vitamin D dan mempengaruhi pertumbuhan hormon pada tubuh. Namun kondisi kolesterol yang abnormal malah memicu penyakit kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung dan stroke.

Hal ini terjadi sebab aktivitas kolesterol menghambat saluran peredaran darah, sehingga membuat peredaran darah jadi tidak lancar. Pemeriksaan dini untuk mendekteksi kolesterol sangat baik, untuk mencegah penyakit ini menjadi parah dan bisa mengetahui tindakkan pengobatan segera.

Adapun ciri-ciri dari risiko kolesterol yang naik seperti berikut:

Kepala Sakit
Terjadinya penyumbatan di pembuluh darah, kolesterol tinggi akan memicu rasa sakit di kepala. Biasanya keluhan berada di kepala bagian belakang.

Kebas pada Area Tubuh
kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi sehingga memicu rasa kebas pada area tubuh tertentu, biasanya area tangan dan kaki akan terasa lebih sensitif untuk merasakan gejala naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Nyeri dada
Berkaitan dengan pembuluh darah, kolesterol yang tidak normal akan menjadi plak di dinding-dindong pembuluh darah sehingga menghambat kerja aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga tak jarang tanda kemunculan Kolesterol yang kambuh, korban akan merasakan nyeri di dada.

Tekuk Leher Terasa Pegal
Rasa sakit kepala yang dipicu oleh kolesterol juga akan menimbulkan sedikit gangguan di deka kepalamya. Biasanya kondisi pada tekuk leher terasa jadi berat, timbul rasa tidak nyaman dan kesulitan untuk bergerak aktif sebab aliran daah di otot leher terganggu.

Jantung berdebar
Akibat kolesterol mempengaruhi kerja jantung. Kondisi aliran darah yang abnormal, akan otomatis memberi signal kepada jantung untuk memacu aliran darah lebih optimal. Kondisi ini malah membuat jantung terasa berdebar, maka dari itu kondisi Kolesterol yang naik membuat jantung berdebar.(*/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Sajian Spesial Bagi Penunggu Pasien di Ruang Rawat Inap VIP dan VVIP Semen Padang Hospital
Kurangi Penumpukan Pasien, SPH Berlakukan Registrasi Antrian Online
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek