Info Mudik Sumbar: Daftar 6 Ruas Jalan Tol di Sumatra yang Sudah Beroperasi

Jalan Tol Trans Sumatra

Ilustrasi jalan tol (Foto: pu.go.id)

Langgam.id - Pemerintah menargetkan Tol Trans Sumatra yang membentang dari Aceh hingga Lampung akan rampung pada 2024. Pada 2019 ini, sebanyak enam ruas jalan tol di Sumatra sudah bisa dilalui para pemudik, termasuk pemudik yang menuju Sumatra Barat (Sumbar).

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto sebagaimana dilansir situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum, Selasa (21/5/2019).

Hal itu dipaparkannya pada acara Forum Merdeka Barat 9 di kantor Kementerian Informasi dan Komunikasi, Jakarta pada Senin (20/5/2019).

Sugiyartanto mengatakan, enam ruas jalan tol yang sudah beroperasi di Sumatra sudah dapat digunakan sebagai jalur mudik. Yakni, Tol Bakauheni -Terbangi Besar (140 km), Palembang- Indralaya (21,93 km), Helvetia-Semayang (6,18km), Semayang-Binjai ( 4,28 km), Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi (62,11km), dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,7km).

Dari jalur tersebut, tiga jalur merupakan tol baru, yakni Terbangi Besar-Pematang Panggang sepanjang 189 km di Provinsi Lampung, Kayu Agung - Palembang Betung ( 33 Km) di Sumatera Selatan, serta segmen Helvetia - Jl. Veteran (2,8 km) bagian dari tol Medan-Binjai.

"Meski sifatnya fungsional, sebenarnya kondisi fisiknya sudah bisa operasional (berbayar) namun masih ada kelengkapannya yang kurang," ucap Sugiyartanto.

Dia juga mengatakan bahwa masyarakat harus mengantisipasi titik macet di exit GT Terbangi Besar. "Ya itu macet karena ada pasar kita akan koordinasi dengan kepolisian," katanya. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Konektivitas Disebut Penyebab Inflasi Tinggi, Pemprov Sumbar Jelaskan Perkembangan Tol
Konektivitas Disebut Penyebab Inflasi Tinggi, Pemprov Sumbar Jelaskan Perkembangan Tol
Langgam.id - Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyebutkan, pembebasan lahan untuk jalan Tol Padang-Sicincin sudah mencapai 93,17 persen.
Wagub Sumbar Sebut Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Sudah 93,17 Persen
Langgam.id - Penyelesaian pengerjaan jalan Tol Padang-Sicincin masih menemui sejumlah rintangan, termasuk soal pembebasan lahan.
Ini Kata Menteri Basuki Soal Kelanjutan Pembangunan Tol Padang-Sicincin
Langgam.id - Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyebutkan, pembebasan lahan untuk jalan Tol Padang-Sicincin sudah mencapai 93,17 persen.
Pemprov Sumbar dan Andre Rosiade: Saling Klaim Lanjutkan Pembangunan Tol Padang-Sicincin
Tol Trans Sumatra: Ruas Medan-Binjai-Stabat Berikan Dampak Positif Ekonomi Sumut
Tol Trans Sumatra: Ruas Medan-Binjai-Stabat Berikan Dampak Positif Ekonomi Sumut
Langgam.id - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memerintahkan PT. Hutama Karya agar segera melanjutkan pembangunan Tol Padang-Sicincin.
Hutama Karya Targetkan Penyelesaian Tol Padang-Sicincin Sepanjang 36 Kilometer Tahun 2024