Indra Catri Berstatus Tersangka, KPU Sumbar: Tetap Bisa Daftar Pilgub

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.

Kantor KPU Sumbar (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Polda Sumatra Barat (Sumbar) menetapkan Bupati Agam Indra Catri dan Sekda Agam Martias Wanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian terhadap anggota DPR RI Mulyadi melalui akun facebook palsu bernama Mar Yanto.

Diketahui Indra Catri merupakan calon wakil gubernur dari Partai Gerindra yang berpasangan dengan Nasrul Abit sebagai calon gubernur menghadapi Pilkada 2020. Mereka telah melakukan deklarasi dan berencana mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada 4-6 September mendatang.

Terkait pendaftaran Indra Catri, KPU Sumbar Divisi Hukum Yanuk Sri Mulyani mengatakan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) syarat seseorang dapat mendaftar sebagai calon kepala daerah termasuk calon gubernur dan wakil gubernur adalah tidak pernah dipidana penjara dengan kekuatan hukum tetap.

"Kalau dia masih tersangka kan belum ada keputusan tetapnya, belum ada kekuatan hukum tetap yang inkrah, jadi bisa daftar, tidak ada yang aturan yang melarang tersangka," katanya, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Bupati Agam dan Sekda Ditetapkan Tersangka Pencemaran Nama Baik Mulyadi

Sampai nanti proses terus berjalan, jika dia sudah ada kekuatan hukum tetap bisa perlakuannya berbeda lagi. Kalau pun ada kekuatan hukum tetap, maka minimal calon kepala daerah pernah divonis penjara minimal 5 tahun. Persyaratan dalam PKPU tersebut menurutnya, calon kepala daerah tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang punya kekuatan hukum tetap.

"Bagi terpidana masih bisa mendaftar, dan wajib mengumumkam kepada publik kasus pidananya, kalau tersangka tidak perlu mengumumkan," katanya.

Seperti diketahui, Indra Catri ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian anggota DPR RI, Mulyadi. Pencemaran nama baik itu dilakukan lewat postingan di akun Facebook pada Maret lalu.

Indra Catri dan Mulyadi sama-sama akan bertarung di pilgub Sumbar 2020. Mulyadi maju sebagai calon gubernur didampingi pasangannya Ali Mukhni.(Rahmadi/ABW)

Baca Juga

Baliho Audy Joinaldy Bakal Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) mulai muncul di sejumlah titik jalanan di Kota Padang. Baliho itu memakai
Usai Mahyeldi dan Vasco Duet, Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang
Semarakkan HUT ke-31 Ibu Kota Agam, Ratusan Jamba Diarak Menuju Rumah Dinas Bupati
Pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy sudah resmi diusung oleh PKS dan Partai Gerindra pada Pilgub Sumbar 2024 mendatang.
Muncul Wacana Duet Audy-Sutan Riska di Pilgub Sumbar 2024, Pengamat: Pasangan Menarik
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
Jalan Usaha Tani di Nagari Gadut Dibuka untuk Tingkatkan Perekonomian Warga
Jalan Usaha Tani di Nagari Gadut Dibuka untuk Tingkatkan Perekonomian Warga
Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar, Andre Rosiade mengatakan, setelah deklarasi Partai Gerindra dan PKS
PKS dan Gerindra Resmi Usung Mahyeldi-Vasko di Pilgub Sumbar 2024