Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi PD 2026, Andre Rosiade: Sebuah Pencapaian yang Hebat

Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Zonas Asia Piala Dunia (PD) 2026 usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama

Andre Rosiade bersama Ketum PSSI, Erick Thohir. [foto: ist]

InfoLanggam - Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Zonas Asia Piala Dunia (PD) 2026 usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada Selasa (11/6/2024) malam.

Keberhasilan Pratama Arhan dkk ini mendapatkan apresiasi dan ucapan selamat dari pencinta Timnas Indonesia, Andre Rosiade.

“Alhamdulillah, perjuangan Timnas Indonesia yang berat dan berliku mulai mendapatkan hasil yang manis. Kita berhasil lolos dari Grup F Timnas Indonesia sukses menang atas Filipina 2-0. Sebuah perjuangan yang hebat dan melibatkan semua insan sepakbola dan dukugan maksimal dari rakyat Indonesia,” ujar Andre Rosiade yang tidak menonton langsung di stadion karena tengah menunaikan Ibadah Haji.

Apapun yang terjadi selama kualifikasi, sebut Andre Rosiade, semua harus direlakan dan dilupakan. Perjalanan masih panjang karena bisa melibatkan Timnas dalam 10 laga melawan tim-tim besar Asia.

Apalagi Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang melaju ke babak ini. Semua tim lainnya tersingkir, termasuk yang satu grup dengan Indonesia, yaitu Vietnam dan Filipina.

“Sebuah pencapaian yang hebat. Sejarah. Kelolosan ini juga sekaligus membuat Timnas mengantongi tiket lolos ke Piala Asia 2027. Berada di posisi runner up Grup F babak dengan mengemas 10 poin dari enam pertandingan yang dilakoni bukan hal yang buruk. Kita hanya tertinggal dari Timnas Irak yang memang langganan tampil di Piala Dunia,” terang Anggota DPR RI asal Sumbar ini.

Andre mengungkapkan bahwa pemain Timnas Indonesia tak boleh terlalu larut dalam pencapaian ini. Meski ini adalah sejarah baru bagi Indonesia. Karena selanjutnya akan ditunggu 17 tim-tim besar Asia seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, Australia, Uzbekistan dan lainnya.

Dari 18 tim yang lolos kualifikasi fase kedua, katanya, akan dibagi ke dalam tiga grup. Satu grup berisi enam tim. Semua akan berlaga 10 kali, kandang dan tandang.

Dari setiap grup juara dan runner up lolos langsung ke Piala Dunia atau enam tim. Dua jatah Asia lainnya, akan diperebutkan peringkat ketiga dan keempat, menjalani kualifikasi fase keempat.

"Juara dan runner up dapat tiket ke Piala Dunia. Sedangkan tim peringkat ketiga akan menjalani laga play-off interkontinental," bebernya.

Andre Rosiade mengatakan, semangat perjuangan panjang menuju Piala Dunia 2026 harus terus dijaga. Apalagi hari ini, Indonesia punya tim yang sangat bagus dan berlapis-lapis.

Baik pemain naturalisasi atau tidak, semua memiliki kesempatan yang sama dan kualitasnya sama-sama baik. Jadi, saat ini tak perlu lagi mempersoalkan naturalisasi atau tidak.

“Satu hal yang kita syukuri, Timnas Indonesia naik kelas. Tidak lagi sekadar berlaga di ASEAN, tapi sudah tingkat Asia. Memang, lawan-lawan akan semakin berat. Di sinilah kualitas pemain akan semakin diuji," ujarnya.

"Tentu kita mohon doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Karena yang bermain adalah putra terbaik bangsa. Jangan lagi menyoalkan naturalisasi atau lainnya. Mereka berjuang untuk Indonesia,” sambung Andre. (*)

Baca Juga

Anggota Komisi VI DPR H Andre Rosiade mendorong KAI untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. DPR juga mengapresiasi langkah strategis
Andre Rosiade Dorong dan Dukung KAI Tingkatkan Layanan Kepada Masyarakat
Penasihat Tim Semen Padang Football Club, Andre Rosiade mengungkapkan bahwa manajemen sangat berkomitmen agar klub sepakbola Sumbar itu bisa
7 Pemain Asing Sudah Hadir, Andre Rosiade: Semen Padang FC Komit Bersaing di Liga 1
Partai Gerindra dan PKS akhirnya resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pilgub Sumbar 2024 nanti.
Andre Rosiade: Mahyeldi-Vasko Tepat untuk Sumbar dan Akan Memenangkan Pilkada
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade mengajak seluruh masyarakat di Sumatra Barat untuk hadir melakukan PSU
PSU DPD RI, Andre Rosiade Ajak Masyarakat Sumbar Pilih Ustaz Jelita Donal
Ketua DPW Sawitku Masa Depanku (Samade) Sumbar Junaindra Sumawan mendukung usulan Anggota DPR RI Andre Rosiade yang meminta PTPN
Usulan Andre Rosiade Minta PTPN Segerakan Peremajaan Sawit di Sumbar Didukung Samade
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya