Hujan Sejak Siang, Beberapa Ruas Jalan di Kota Padang Tergenang

Langgam.id - Hujan lebat yang mengguyur kota Padang sejak siang menyebabkan beberapa ruas jalan digenangi air, Jumat (11/11/2022).

Ilustrasi Genangan Air. [Foto: pixabay.com]

Langgam.id - Hujan lebat yang mengguyur kota Padang sejak siang menyebabkan beberapa ruas jalan digenangi air, Jumat (11/11/2022).

Pantauan langgam.id, ada beberapa ruas jalan yang sudah tergenang sampai setengah lutut orang dewasa atau sekitar 20 centimeter.

Di antaranya di jalan Dr. Moh. Hatta dari kampus Unand sampai bypass, beberapa titik di kelurahan Kapalo Koto, Pasar Baru, dan Pasar Ambacang sudah digenangi air dan menghambat akses lalu lintas.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Padang melalui keterangan tertulisnya melaporkan, Bendungan Gunung Nago Batang Kuranji sudah di level siaga. Titik mati air sudah menyentuh ketinggian 180 centimeter.

Lalu, beberapa lokasi di ruas jalan Kampung Kalawi sampai jalan Ampang juga telah terkena genangan air.

Warganet di media sosial juga ramai menginformasikan banjir di beberapa kelurahan di Kota Padang. Seperti yang dibagikan akun @radhtiyaradhitya, di jalan Wisma Indah Lapai, air sudah menyentuh perkarangan rumah warga.

Beberapa ruas jalan lainnya, yang dibagikan di medsos juga sudah banjir. Dari Simpang Gadut menuju Padang Basi jalan sudah tergenang sejak pukul 16.33 WIB. Hal tersebut dilaporkan akun @robbyfirly02.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Basril membenarkan beberapa ruas jalan di Kota Padang sudah tergenang. Bahkan, juga terjadi longsor di Padang Besi.

Saat ini, Kata Basril, tim BPBD Padang sudah turun ke lapangan. "Kejadian di Aia Pacah sudah selesai, Padang Besi sudah selesai, untuk longsor nanti akan melibatkan Dinas PU dan pihak Kecamatan Lubuk Kilangan," ujar Basril kepada langgam.id saat diwawancarai via telepon.

Basril mengimbau, agar warga Padang ekstra hati-hati dan menghindari area di bawah pohon tua. Selain itu, ia juga mengingatkan untuk daerah kota Padang yang rawan banjir, agar menjaga barang yang mudah terendam dan terseret air.

Baca juga: Banjir Padang, Curah Hujan Ekstrem Capai 225 Milimeter

Sedangkan untuk beberapa lokasi yang terendam banjir seperti di Bungus, Basril mengatakan, hal itu sudah biasa. "Itu karena ada pasang naik dan guyuran hujan, biasa itu," katanya. (Dharma Harisa)

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah meninjau sejumlah kawasan yang terdampak bencana banjir dan longsor di tiga kabupaten di Sumbar.
Mahyeldi Tinjau Kawasan yang Terdampak Banjir dan Longsor di 3 Kabupaten di Sumbar
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini