Hujan Badai Kepung 4 Kelurahan di Payakumbuh, 1 Rumah Dilaporkan Roboh

Hujan Badai Kepung 4 Kelurahan di Payakumbuh, 1 Rumah Dilaporkan Roboh

Pohon tumbang akibat hujan badai di Kota Payakumbuh (Foto: BPBD Kota Payakumbuh)

Langgam.id - Empat kelurahan di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar) diterjang hujan badai, Minggu (10/11/2019) sore. Masing-masing kelurahan terdampak yakni, Kelurahan Padang Tiaka, Padang Tangah Payobada dan Sicincin di Kecamatan Payakumbuh Timur. Serta Kelurahan Sawahpadang Auakuniang di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Camat Payakumbuh Timur, A Arifianto, mengatakan Kelurahan Sicincin paling parah terkena dampak hujan badai.

"Ada pohon tumbang yang rubuh ke jalan. Ada juga bangunan yang terdampak. Kami masih melakukan pendataan," kata Arifianto saat dihubungi wartawan, Minggu (10/11/2019) malam.

Pantauan langgam.Id, ada 9 titik yang terdampak hujan badai di Payakumbuh dan masih dibersihkan petuga sampai Minggu malam (10/11/2019). Di antaranya, di kawasan Simpang Bukik Sitabuah, Padang Tangah Payobada atau dekat Simpan SMAN 2 Payakumbuh.

"Di kawasan Bukit Sitabuah ini, pohon beringin besar tumbang. Tercabut hingga ke akar-akarnya. Menutup badan jalan. Petugas masih melakukan pembersihan," kata Ryo Briges, tokoh muda setempat.

Selain di Bukit Sitabuah, di kawasan Pakanselasa yang masih bagian dari Kelurahan Padang Tangah Payobada, 1 rumah semi permanen milik warga dilaporkan roboh.

Kemudian pohon tumbang juga terdapat di Simpang BTI Padang Tangah. Kemudian, di Jalan Pahlawan dekat Mapolres Payakumbuh, di Padang Leba, di Jalan Rasuna Said depan kantor Kehutanan,  di Jalan Cemaran menuju kantor lurah, dan di belakang TK Polres Payakumbuh.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi bersama Sekda Rida Ananda dan Asisten II Elzadaswarman, terpantau turun ke lokasi yang terdampak hujan badai pada Minggu sore. Kepala BPBD Payakumbuh Yufnani Away bersama Wakapolres Kompol Eridal juga terlihat berada di lokasi terdampak badai.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menginstruksikan kepada OPD terkait untuk cepat melakukan pembersihan pohon-pohon tumbang. Khususnya pohon beringin yang melintang di jalan Payakumbuh-Lintau.

"Salahsatu yang paling besar adalah pohon beringin di depan simpang SMAN 2 Payakumbuh yang tumbang, membuat lalu lintas Payakumbuh-Lintau tertutup dan tidak bisa dilalui. Kami minta kepada BPBD, Damkar, PU, Lingkungan Hidup dan Satpol PP melakukan pembersihan segera," kata Riza.

Riza berpesan epada petugas yang bekerja membersihkan pohon tumbang untuk mengutamakan keselamatan dalam bekerja. Sebab, listrik juga mengalami pemadaman akibat pohon yang tumbang menimpa kabel listrik.

"Kalau perlu pakai genset biar cukup penerangan dalam bekerja malam ini, pokoknya ini harus segera ditangani dengan cepat. Jangan dibiarkan karena akses lalu lintas dapat terganggu," kata Riza Falepi. (Rajopanawa/RC)

Baca Juga

Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Selama tiga hari ke depan, sejumlah kabupaten/kota Sumbar berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat serta dapat
Daftar Kabupaten/Kota di Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Lebat 3 Hari ke Depan
Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan melanda Sumatra Barat (Sumbar) selama tiga hari ke depan. Yaitu mulai Senin
BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di Sumbar 3 Hari ke Depan
Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan melanda Sumatra Barat (Sumbar) selama tiga hari ke depan. Yaitu mulai Senin
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada