Hindari Riba, Fadly Amran Ajak Warga Padang Panjang Kembali ke Instrumen Keuangan Islam

Langgam.id - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran mengajak seluruh masyarakat yang pimpin untuk kembali kepada instrumen keuangan Islam.

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran. [Foto: Dok. Pemko Padang Panjang]

Langgam.id - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran mengajak seluruh masyarakat yang pimpin untuk kembali kepada instrumen keuangan Islam yang solutif agar terhindar dari riba.

Hal itu dikatakan Fadly saat menghadiri Seminar Pra Silatnas Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Padang Panjang di Aula Hotel Pangeran Padang Panjang, Sabtu (29/10/2022).

Dikatakan Fadly, adanya riba dan rentenir di tengah-tengah masyarakat, dapat menimbulkan permusuhan antar pribadi dan mengurangi semangat kerja sama, saling menolong dengan sesama manusia. Sistem riba tersebut dapat merusak dan sama sekali tidak membawa pertumbuhan ekonomi yang sebenarnya.

"Zakat dan wakaf ini merupakan salah satu ajaran Islam yang mengandung unsur spiritual dan material yang memuat pesan kepedulian, berbagi dan upaya melakukan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya Padang Panjang untuk kembali kepada instrumen keuangan Islam yang solutif seperti zakat dan wakaf," ujar Fadly.

Sementara itu, Ketua Orwil ICMI Sumbar, Musliar Kasim mengatakan, Kota Padang Panjang bisa menjadi percontohan kabupaten dan kota lain dalam mengelola zakat serta wakaf untuk menghapuskan riba dan rentenir di tengah-tengah masyarakat.

Upaya ini, kata Musliar, dibutuhkan kolaborasi antarpihak terkait, seperti Baznas, Badan Wakaf Indonesia, MUI, ASN serta masyarakat dalam pengelolaannya.

Baca juga: Antisipasi Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Ini yang Dilakukan Dinkes dan Polres Padang Panjang

"Saya yakin dan berharap Kota Padang Panjang bisa menjadi contoh. Sebagai Kota Serambi Mekkah, sangat pas melaksanakan ini. Ini kita lakukan juga untuk menyejahterakan masyarakat dan menumbuhkan perekonomian yang baik ke depannya," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Harga sayur-sayuran di Kota Padang Panjang mengalami kenaikan akibat erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan paparan abu vulkanik selama
Harga Sayuran di Padang Panjang Naik Akibat Dampak Abu Vulkanik Gunung Marapi
Padang Panjang Siapkan Beras SPHP di Lima Lokasi untuk Antisipasi Kenaikan Harga Beras
Padang Panjang Siapkan Beras SPHP di Lima Lokasi untuk Antisipasi Kenaikan Harga Beras
Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa inflasi Sumatra Barat (Sumbar) tercatat 0,57 persen secara bulanan pada November 2023.
Padang Panjang Pertahankan Warung Sembako untuk Kendalikan Inflasi 2024
Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Padang Panjang diimbau untuk mengurus sertifikasi halal. Saat ini diterbitkan Badan
UMKM di Padang Panjang Diimbau Urus Sertifikasi Halal
Padang Panjang Gerakkan Tanam Cabai di Pekarangan
Padang Panjang Gerakkan Tanam Cabai di Pekarangan
Bawaslu Padang Panjang Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024
Bawaslu Padang Panjang Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024