Hasil Investigasi, Epyardi Asda Sebut Ada Sejumlah Pelanggaran Hukum yang Dilakukan Aqua Solok

Langgam.id - Bupati Kabupaten Solok, Epyadrdi Asda mengeklaim ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan PT. Tirta Investama atau Aqua Solok.

Bupati Solok, Epyardi Asda bersama sejumlah pejabat dan DPRD saat mendatangi PT. Tirta Investama. [Foto: Dok. Pemkab Solok]

Langgam.id - Bupati Kabupaten Solok, Epyadrdi Asda mengeklaim ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan PT. Tirta Investama atau Aqua Solok.

Menurut Epyardi, temuan indikasi pelanggaran hukum itu merupakan hasil investigasi sejumlah SKPD yang juga disaksikan Inspektorat.

"Pemerintah daerah dengan beberapa SKPD terkait telah melakukan investigasi yang juga di saksikan Inspektorat kepada PT Tirta Investama, ditemukan beberapa indikasi pelanggaran hukum dari pihak perusahaan seperti perizinan K3 yang sudah tidak berlaku, dampak lingkungan terhadap pembuangan limbah, Andalalin, Kerjasama dengan CV Elmas Sentosa Abadi yang tidak dilaporkan kepada pemerintah daerah," ujar Epyardi dikutip dari situs resmi milik Pemkab Solok, Selasa (6/12/2022).

Berdasarkan hal itu, menurut Epyardi, bahwa ia akan memanggil kembali pihak management perusahaan untuk berdiskusi mengenai jalan keluar untuk menyelesaikan masalah perizinan, dampak lingkungan, K3, andalalin dan kerjasama, terasuk soal PHK.

"Saya berjanji akan terus berjuang bersama pekerja dan rakyat Kabupaten Solok, untuk memperoleh kembali hak-hak pekerja," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Serikat Pekerja Aqua kembali menemui Bupati Solok, Epyardi Asda terkait PHK terhadap seratusan karyawan.

Ketua Serikat Pekerja Aqua Solok, Fuad Zaki menjelaskan kronologis kejadian, bahwa sebanyak 97 orang masih belum bekerja, ada empat orang telah masuk bekerja karena mereka disuruh kembali masuk kerja dengan cara dijemput ke rumah masing-masing.

"Namun, status pekerja tersebut menjadi pekerja baru (kontrak ulang), bahkan ada masa kerja yang sudah 8-10 tahun bekerja dikembalikan lagi ke posisi semula," ujar Fuad.

Baca juga: Serikat Pekerja Aqua Solok: Baru 4 Orang Kembali Bekerja dari 101 Karyawan yang di-PHK

Faud mengaku, meskipun sudah ada panggilan kerja terhadap 101 karyawan yang di-PHK dari Aqua Solok, tapi manajemen memberikan syarat-syarat yang mereka nilai sangat merugikan para pekerja.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Bupati Kabupaten Solok, Epyardi Asda menyampaikan, akibat PT. Tirta Investama, banyak sawah warga kekurangan air.
Aqua Solok Dinilai Jadi Penyebab Sawah Warga Kekurangan Air
Langgam.id - Perwakilan manajemen PT. Tirta Investama atau Aqua Solok kembali menemui Epyardi Asda di ruang kerjanya, Rabu (14/12/2022).
Perwakilan Manajemen Aqua Solok Kembali Temui Epyardi Asda untuk Berunding
Langgam.id - Epyardi Asda berunding bersama perwakilan manajemen PT. Tirta Investama untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi.
Berunding Selesaikan Konflik, Ini Tawaran Epyardi Asda untuk Manajemen Aqua Solok
Langgam.id - Kisruh antara karyawan dan Aqua di Kabupaten Solok yang berujung PHK terhadap 101 pekerja masih belum tuntas.
Serikat Pekerja Aqua Solok: Baru 4 Orang Kembali Bekerja dari 101 Karyawan yang di-PHK
Langgam.id - Kasus PHK terhadap seratusan karyawan PT Tirta Investama atau Aqua di Kabupaten Solok masih belum usai.
Kasus PHK Karyawan Aqua Solok Belum Usai, Para Pekerja Temui Lagi Bupati
Manajemen TIV Solok Berharap Jaminan Investasi, Berusaha dan Kepastian Hukum Terus Terjaga
Manajemen TIV Solok Berharap Jaminan Investasi, Berusaha dan Kepastian Hukum Terus Terjaga