Hadiri Wisuda Angkatan ke-82 UIN IB Padang, Irdinansyah Tarmizi Orasi Dakwah dan Kekuasaan

Bupati Tanah Datar Dirawat

Orasi Ilmiah Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi saat wisuda angkatan ke-82 UIN IB Padang (ist)

Langgam.id - Sebanyak 1.204 orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB) Padang diwisuda, Sabtu (19/10/2019). Wisudawan dan wisudawati tersebut merupakan gabungan dari sarjana, magister dan program doktoral.

Menariknya, prosesi wisuda angkatan ke-82 UIN IB Padang ini dihadiri Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. Ketua alumni UIB IB Padang itu menggelar orasi ilmiah berjudul “Dakwah dan Kekuasaan”.

Di hadapan ribuan wisudawan, Irdinansyah mengatakan, dakwah adalah mengajak orang lain untuk meyakini dan mengamalkan aqidah dan syariat islamiah yang telah terlebih dahulu diyakini oleh si pendakwah itu sendiri. Sedangkan kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan seseorang atau kelompok untuk menjalankan kewenangan itu sendiri.

“Dakwah dan kekuasaan adalah upaya menjalankan dakwah sesuai kewenangan yang dimiliki,” katanya.

“Sebagai bupati, dakwah bisa dilakukan dengan menjalankan tugas dan amanah sesuai ketentuan. Tidak memanfaatkan kewenangan demi kepentingan pribadi atau golongan. Membuat kebijakan dan rencanakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, menjamin dan memelihara keamanan dan ketertiban, memudahkan urusan rakyat (pelayanan publik), mencerdaskan dan menjamin keberlanjutan pendidikan dan menjamin pelaksanaan kehidupan beragama serta peningkatan keimanan dan taqwa,” sambungnya.

Selaku kepala daerah, ia mengaku terus berupaya membuat terobosan dalam menyusun dan menyepakati RPJMD bersama DPRD. Hingga 2019, tercatat sebanyak 111 inovasi yang telah dilahirkan Pemkab Tanah Datar. Diantaranya, Jaring Asmara, Gerbang Cerdas, Gapura Mantap, Oase Sahabat Hati, Kabupaten Tahfiz, Sipintar, Subuh Berjamaah, Magrib Mengaji dan sebagainya.

“Berbagai hasil telah dirasakan masyarakat dan capaian yang diraih pemerintah daerah seperti predikat kabupaten terbaik pertama di seluruh Indonesia dan mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 dari Pemerintah Pusat yang diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo," ucapnya.

Sementara itu, Rektor UIN IB Padang Eka Putra Wirman mengatakan, lulusan yang diwisuda dapat berkontribusi bagi daerah di mana saja berada. Sebab, menyemai ilmu bermanfaat bagi masyarakat adalah bagian dari siar agama.

“Semoga lulusan UIN IB Padang memiliki daya kompetitif. Sehingga bisa beraktivitas pada berbagai provesi yang relevan dengan background pendidikannya dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat banyak. Kami menyadari, kesuksesan alumni sebuah perguruan tinggi menjadi publikasi ampuh untuk almamaternya,” katanya. (*ICA/rls)

Baca Juga

Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menghadiri acara buka bersama yang diadakan oleh Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Hadiri Buka Bersama Atase Agama Kedubes Arab Saudi
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati didampingi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Yasmadi dan Wakil Dekan I, Muhammad Kosim,
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UIN Imam Bonjol Padang Bakal Dirikan Labor Madrasah
UIN Imam Bonjol Padang menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di lapangan parkir Rektorat Kampus III UIN Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Upacara Hari Pendidikan Nasional
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar pembukaan Pekan Kreativitas Mahasiswa 2024 pada Senin (29/4/2024) di lapangan parkir gedung Rektorat.
850 Peserta dari 7 Fakultas di UIN Imam Bonjol Padang Ikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa 2024
Wisuda ke 91: UIN Imam Bonjol Lepas 1.123 Wisudawan
Wisuda ke 91: UIN Imam Bonjol Lepas 1.123 Wisudawan
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menghadiri acara halal bi halal dan tasyakuran Harlah ke-90 GP Ansor di Hotel Pangeran City
Rektor UIN IB Padang Berikan Tausiyah di Tasyakuran Harlah ke-90 GP Ansor