Guspardi Gaus Berharap Pilpres 2024 Diikuti Lebih dari Dua Calon Presiden

Politikus PAN Guspardi Gaus

Politikus PAN Guspardi Gaus

Langgam.id- Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus berharap, pemilihan presiden (Pilpres) 2024 diikuti lebih dari 2 pasangam calon. Agar tidak memicu polarasasi di tengah masyarakat.

"Saya berharap pilpres 2024 tidak head to head, tidak hanya dua calon. Kita harus berikan keleluasaan kepada masyarakat untuk memilih banyak calon presiden sebagai calon pemimpin bangsa ke depannya," ujar Guspardi dalam rilis yang diterima Senin (10/7/2023).

Anggota DPR RI dari Sumatra Barat ini mengatakan, polarisasi terjadi pada Pemili 2019 yang diikuti 2 paslon. Para pendukung terbelah menjadi dua kubu yang saling menghujat.

"Tren hari ini saya lihat sangat luar biasa, dimana bakal calon yang akan berkontestasi pada pemilihan presiden 2024 itu sudah muncul jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan. Hal ini tentu menggembirakan dan menjadi sebuah pendidikan politik yang diperlihatkan oleh partai politik (parpol) untuk masyarakat Indonesia dalam rangka membangun demokrasi ke arah yang lebih baik,” ujar anggota Baleg DPR RI ini.

Guspardi mengatakan, saat ini muncul tiga poros koalisi yang mendeklarasikan calon presidennya. PDIP mencalonkan Ganjar Pranowo dan didukung juga PPP, Gerindra-PKB mencalonkan Prabowo Subianto dan PKS-NasDem-Demokrat mencalonkan Anies Baswedan. Namun ketiga bakal capres ini, belum menentukan siapa cawapres yang akan mendampinginya.

Pasangan capres dan cawapres bahkan mungkin bisa menjadi empat pasangan, apabila hasil rapat harian DPP PAN yang sempat memunculkan ide membuka poros baru di tindaklanjuti dengan serius.

Kata Gusparsi, muncul ide menduetkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai cawapres dan menjadi poros ke empat.

Namun, kata dia, yang terpenting muncul banyak calon. Sehingga memberikan keleluasaan kepada masyarakat lebih variatif dalam menentukan pilihan.

"Hal ini juga akan untuk mengurangi polarisasi dan dinamika yang efeknya tidak pas. Sekaligus menjawab kekhawatiran masyarakat tehadap potensi polarisasi kembali terjadi jika pasangan capres dan cawapres itu hanya tertumpu kepada dua pasangan calon saja," ujar anggota Komisi II DPR RI itu. (Info)

Baca Juga

Politikus PAN Guspardi Gaus
Guspardi Gaus Dukung AHY Gebuk Mafia Tanah
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Guspardi Gaus: Rekapitulasi Suara Nasional Mesti Rampung 20 Maret 2024
Pemilu 2024 sudah memasuki tahap pleno di tingkat Provinsi Sumatra Barat. Sebelumnya, berdasarkan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten
2 Caleg DPR RI Suara Terbanyak di Sumbar Berpeluang Jadi Calon Gubernur
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Guspardi Gaus Minta Pemerintah Segera Angkat Honorer Jadi ASN
PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat bersaing ketat untuk perebutan kursi DPR RI dari Dapil Sumatra Barat II.
Komisi II DPR RI Sebut Pilkada Serentak Tetap November 2024
Caleg DPR RI Dapil Sumatra Barat (Sumbar) 2 dari Partai Demokrat, Mulyadi, memperoleh suara melebihi 100 ribu pada Pileg 2024. Hal ini
Berpeluang Kembali Jadi Anggota DPR RI, Mulyadi Klaim Perolehan Suara Tembus 100 Ribu