Gubernur: Kita Kendalikan Provinsi dengan Sumbar Command Center

COMMAND CENTER

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melakukan uji coba Sumbar Command Center di Kantor Diskominfo (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Kehadiran Sumbar Command Center yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatra Barat (Sumbar) diklaim dapat mengendalikan seluruh daerah dengan hanya menghandalkan satu aplikasi.

Gunernur Sumbar, Irwan Prayinto menyebutkan, selain bisa berkomunikasi langsung dengan perangkat daerah se-Sumbar, Sumbar Command Center juga dapat difungsikan sebagai alat pengawasan dan pengendalian.

“Dengan ini, kita bisa mengendalikan seluruh provinsi. Kita juga bisa komunikasi langsung dengan perangkat daerah secara real time,” ujar Gubernur Irwan di Padang, Rabu (5/2/2020).

Sumbar Command Center yang juga akan difungsikan sebagai alat untuk teleconference dengan perangkat daerah, menurut Gubernur baru hari ini bisa dihadirkan. “Antara provinsi dan kabupaten, ini baru. Kalau provinsi dengan pusat, itu sudah sejak lama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Sumbar, Yeflin Luandri mengklaim, Sumbar Command Center bisa memantau semua aktivitas kegiatan dalam mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif atau good governance.

Baca juga : Untuk Ambil Kebijakan, Pemprov Finalisasi “Sumbar Command Center”

Ia berharap, ada dukungan dari semua pihak, sekaligus mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumbar. Sehingga, gerak dan arah pembangunan menuju smart province semakin cepat dan terarah sesuai dengan visi misi pembangunan.

Baca juga : Pemprov Akan Gunakan Sumbar Command Center untuk Pantau Pilkada

Kedepannya, kata Yeflin, juga akan dilengkapi dengan Closed-Circuit Television (CCTV) di banyak titik untuk pemantauan di tempat-tempat umum, seperti Pantai, GOR Haji Agus Salim, serta di lokasi-lokasi rawan bencana.

InsyaAllah kita pasang, tinggal tingkat keamanan perangkatnya lagi, jangan nanti dipasang, lalu hilang,” katanya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis