Pemprov Akan Gunakan Sumbar Command Center untuk Pantau Pilkada

Diprediksi, Pertengahan Mei 2020 Angka Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 350 Orang

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id – Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) membangun Sumbar Command Center sebagai salah satu langkah mensinergikan kenerja seluruh kabupaten/kota yang ada di daerah itu.

Bahkan, Sumbar Command Center juga digadangkan akan dijadikan sebagai sarana pemantau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Sumbar.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan bahwa Command Center bisa dimanfaatkan untuk Pilkada. “Salah satu fungsi Sumbar Command Center itu untuk konferensi video dengan kabupaten/kota, kita akan maksimalkan untuk Pilkada,” ujarnya di Padang, Rabu (5/2/2020).

Keberadaan Sumbar Command Center, kata Irwan, merupakan langkah awal untuk membangun Smart Province secara keseluruhan. Karena dengan Sumbar Command Center seluruh kabupaten/kota di Sumbar sudah bisa video conference.

Memastikan Sumbar Command Center dapat berfungsi dengan baik, Irwan sudah melalukan uji coba dengan perangkat pemerintah di empat daerah, yaitu Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, Solok, Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Solok.

Sumbar Command Center, menurut Irwan juga memiliki banyak data, baik itu pembangunan, perencanaan, anggaran dan lainnya yang bisa diakses secara langsung.

“Cukup dengan teknologi ini, kita bisa komunikasi langsung dengan 19 bupati atau wali kota se-Sumbar secara real time,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) Sumbar, Yeflin Luandri menyebutkan, hadirnya Sumbar Command Center sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat.

“Command Center memenuhi tuntutan untuk mendapatkan pelayanan yang cepat dan modern. Selain sebagai penyedia informasi dari pemerintah, juga sebagai alat untuk berinteraksi dengan masyarakat,” ujarnya.

Yeflin mengklaim, Sumbar Command Center bisa memantau semua aktivitas kegiatan dalam mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif atau good governance. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Partai Gerindra dan PKS akhirnya resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pilgub Sumbar 2024 nanti.
Andre Rosiade: Mahyeldi-Vasko Tepat untuk Sumbar dan Akan Memenangkan Pilkada
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand), Prof Asrinaldi mengatakan, preferensi atau pertimbangan masyarakat dalam memilih Capres berbeda
Pilgub: Kotak Kosong atau Head to Head?
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padang Gandeng Ormas dan OKP
Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padang Gandeng Ormas dan OKP
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana