Gerinda Sumbar Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dimulai 7-20 Mei 2024.

Gerindra Sumbar menggelar jumpa pers terkait pembukaan pendaftaran bakal calon kepada daerah. [foto: Irwanda Saputra]

Langgam.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dimulai 7-20 Mei 2024. Pendaftaran ini berkesempatan bagi putra-putri terbaik di Sumbar untuk maju di Pilkada serentak.

“Kami membuka pendaftaran ini secara serentak mulai dari DPD hingga seluruh DPC Gerindra yang ada di Sumbar," kata Sekretaris DPD Gerindra Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman, Senin (6/5/2024).

Evi mengatakan, untuk pendaftaran ini pihaknya membuka kesempatan kepada seluruh warga Sumbar baik itu kader maupun di luar kader. Pendaftaran ini melewati beberapa proses persyaratan yang telah ditetapkan partai.

"Proses yang bakal dilewati para calon ini mulai dari penjaringan hingga penyaringan. Setelah penyaringan ini kami serahkan calon yang telah direkomendasi ini kepada DPP. Lalu DPP yang memutuskan calon yang telah melewati asessment para tim yang dilibatkan di DPD," ujarnya.

Dikatakan Evi, ‎untuk calon gubernur dan wakil gubernur harus mendaftar di DPD Gerindra Sumbar. Namun untuk walikota dan bupati bisa mendaftar di seluruh DPC Gerindra yang ada di Sumbar.

"Bagi calon walikota dan bupati juga bisa mendaftar di DPD. Untuk pengambilan fomulir pertama ini bisa diwakilkan oleh tim yang bersangkutan. Namun untuk pengembalian fomulir musti calon yang menyerahkan," imbuhnya.

Dijelaskannya, untuk penyaringan ini, pihaknya melibatkan akademisi dan para tokoh yang telah dipersiapkan oleh tim. Di sana, nanti para tim asessment ini akan mendalami para calon yang dirasa lengkap persyaratannya.

"Intinya setelah melewati proses asessment ini kita lakukan pleno. Kemudian kita laporkan ke DPP calon yang telah melewati asessment ini," ujarnya.

Dia juga mengatakan, pada pemilihan kepala daerah tahun ini, pihaknya menargetkan seluruh kabupaten, kota dan gubernur di Sumbar musti dari Gerindra. Sebab, bisa selaras dengan dengan pusat.

"Kita beringinan selaras dengan pusat, karena ketua umum kita terpilih menjadi presiden. Dengan begitu program pusat bisa selaras dengan daerah dan bisa dirasakan oleh seluruh warga masyarakat," kata dia.

Terakhir Evi mengatakan, ada 12 persyaratan‎ yang harus dilengkapi oleh para calon yang ingin mendaftar di Gerindra. Di antaranya, surat permohonan, surat pernyataan ketersedian calon, surat tidak mengundurkan diri kalau sudah direkomendasikan dan umur 35 tahun. (Irwanda/yki)

Baca Juga

Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Anggota DPRD Sumatra Barat (Sumbar), Hidayat, resmi mendaftar ke Partai Gerindra sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Padang.
Hidayat Daftar ke Gerindra untuk Pilkada Padang: Wujudkan Padang Lebih Bergairah
Sebanyak 238 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Agam lulus seleksi tertulis. Sebelumnya, seleksi tertulis ini dilaksanakan
Lulus Seleksi Tertulis, 238 Calon PPK Pilkada Agam Akan Ikuti Tes Wawancara
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Pemko Padang menyetujui dana hibah untuk pengamanan Pilkada 2024 senilai Rp2,85 miliar. Dana tersebut untuk Polresta Padang Rp2,5 miliar
Pemko Padang Siapkan Rp2,85 Miliar untuk Pengamanan Pilkada 2024