Gerakan Literasi untuk Anak dari Kolong Rumah Gadang di Padang Panjang

Berita Padang Panjang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Taman baca dari kolong Rumah Gadang di Kota Padang Panjang.

Taman baca di kolong Rumah Gadang di Padang Panjang juga ajarkan anak-anak mengaji. (Foto: Dok. Kominfo Padang Panjang)

Berita Padang Panjang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Taman baca dari kolong Rumah Gadang di Kota Padang Panjang.

Langgam.id - Di Bukit Sarungan, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, kolong Rumah Gadang atau rumah adat minangkabau disulap menjadi taman baca, dan diberi nama Taman Baca Zahra (TbaZ).

Taman baca itu hadir dari kolong Rumah Gadang yang biasanya digunakan untuk gudang atau tempat meletakkan kayu dan batu, dan kini didesain lebih cantik dan nyaman untuk anak-anak.

Pendiri TbaZ, Afniwati (38) mengatakan, taman baca di kolong Rumah Gadang itu telah ia dirikan sejak April 2021.

Menurut Afniwati, taman baca itu didirikan karena kondisi masyarakat, terutama anak-anak sudah banyak dipengaruhi gadget.

Lalu, juga karena minimnya literasi masyarakat yang konsumtif menjadikan dasar terbentuknya TbaZ. "Taman baca ini bertujuan agar penggunaan gadget tidak berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak, khususnya anak usia sekolah dasar," ujar Afniwati dikutip dari rilis Kominfo Padang Panjang, Senin (4/4/2022).

Anak usia sekolah, kata Afniwati, seharusnya masa seorang anak punya atau menghadapi tantangan baru, sehingga mereka bisa berbaur dengan lingkungan.

Lalu, untuk kegiatan di Taman Baca Zahra, lanjut Afniwati, dilaksanakan setiap Senin sampai Kamis, mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Di TbaZ, sebut Afniwati, anak-anak juga bisa seklaigus belajar mengaji, mengerjakan tugas sekolah yang kurang dipahami, bermain, serta banyak kegiatan seru lainnya yang dapat dilakukan.

Sarana dan prasarana di TbaZ, terdiri dari ruangan belajar, buku-buku, meja, lemari, jam dinding, dan papan tulis.

Sementara, untuk buku bacaan ada beragam. Seperti buku tema untuk anak sekolah dasar, buku cerita, buku agama, buku seni kreativitas, dan lain-lain. Buku-buku tersebut didapat dari buku milik pribadi, sumbangan mahasiswa, dan masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah, sambutan masyarakat dengan adanya Taman Baca Zahra sangat baik. Bahkan setiap ada kegiatan di sini, mereka pasti datang untuk berpartisipasi" ucap Afniwati.

Baca juga: Hasil Riset Setara Institute: Toleransi di Kota Padang, Padang Panjang dan Pariaman Rendah

Afniwati juga berharap, taman baca TbaZ terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi warga masyarakat, terutama bagi anak-anak.

Dapatkan update berita Padang Panjang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Presiden Joko Widodo melantik Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Kepresidenan
Dilantik Jadi Wamen Investasi, Yuliot Tanjung Merupakan Putra Asli Padang Panjang
Jalur Lembah Anai bakal dibuka kembali pada Minggu (21/7/2024) pasca diperbaiki usai terban akibat diterjang banjir bandang pada Mei lalu.
Jalur Lembah Anai Kembali Dibuka 21 Juli, Ini Kendaraan yang Boleh Lewat di Tahap Awal
Investasi Sejak Dini
Beri Kemudahan, Pemko Padang Panjang Targetkan Investasi Baru Rp35 Miliar
Aku berjalan kaki sepanjang jalan Koto Gadang, Nagari Maek, suatu pagi ketika udara terasa sejuk di kulit dan wajah Bukik Posuak masih
Rumah Gadang Terakhir di Maek: Sepasang Tingkap Menanti Anak-anak Pulang
Pasokan Meningkat, Harga Cabai dan Komoditas Lainnya di Padang Panjang Turun Drastis
Pasokan Meningkat, Harga Cabai dan Komoditas Lainnya di Padang Panjang Turun Drastis
Empat siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang berhasil lolos Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Sumbar dan melaju ke tingkat nasional.
4 Siswa SMAN 1 Padang Panjang Lolos ke OSN Tingkat Nasional