Gandeng Sentra Abiseka, Dinsos Payakumbuh Serahkan Bantuan Atensi Bagi 100 Orang PPKS

Gandeng Sentra Abiseka, Dinsos Payakumbuh Serahkan Bantuan Atensi Bagi 100 Orang PPKS

Penyaluran bantuan program Atensi untuk warga Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Kementerian Sosial RI melalui Sentra Abiseka Pekanbaru menyalurkan bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) sebanyak 100 paket untuk warga Kota Payakumbuh yang bertempat di Aula Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Selasa(7/3/2023).

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial, Sentra Abiseka Pekanbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis mempunyai tugas sebagai pelaksana program Atensi di wilayah kerja.

Bantuan Atensi tersebut diserahkan oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda didampingi Ka Subbag TU Sentra Abiseka Pekanbaru Muhammad Toher dan Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh Irwan Suwandi.

Pj. Wali Kota Rida Ananda mengucapkan terimakasih kepada Sentra Abiseka atas bentuk perhatian kepada masyarakat Kota Payakumbuh sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial.

"Kami mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Sentra Abiseka atas bentuk perhatiannya kepada masyarakat Kota Payakumbuh, sehingga hari ini sebanyak 100 orang warga dapat terbantu ekonominya dan terpenuhi kebutuhannya," ungkap Rida.

Rida mengharapkan agar semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi yang dihadapi saat ini.

"Bantuan ini sebagai topangan bagi bapak dan ibu dalam membantu menghadapi situasi saat ini. Semoga dapat meringankan beban ekonomi keluarga," ucap Rida

Dilanjutkannya, Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya untuk menyalurkan bantuan agar kuotanya ditambah setiap tahunnya, sehingga akan lebih banyak masyarakat yang terbantu ekonomi dan kebutuhannya.

"Semoga usulan bantuan tahun ini lebih besar sehingga lebih banyak warga yang akan terbantu untuk kedepannya. Kami berharap penerima manfaat tetap semangat agar dapat hidup secara mandiri dalam menjalani kehidupan ini," pungkas Rida.

Kasubbg TU Sentra Abiseka Pekanbaru Muhammad Toher menyampaikan bahwa bantuan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) diberikan untuk lanjut usia, penyandang disabilitas dan Kelompok rentan dalam hal ini (eks Napza, Odha, Perempuan Rawan Sosial Ekonomi, Bekas Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan).

Layanan Atensi Sentra Abiseka Pekanbaru ini melalui 3 basis pendekatan; Komunitas, keluarga dan Residensial sebagai upaya terakhir. Basis layanan saat ini yang kita lakukan yaitu Atensi berbasis keluarga.

“Secara keseluruhan bantuan Program Atensi dari Kemensos untuk Kota Payakumbuh sebanyak 100 orang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang tersebar di 5 Kecamatan di Kota Payakumbuh yakni Payakumbuh Barat, Timur, Selatan, Utara dan Limposi Tigo Nagari ini,” jelas Muhammad Toher.

Bentuk Komponen program Asistensi Rehabilitasi Sosial yang disalurkan pada hari kepada 100 PPKS di Kota Payakumbuh ini berupa nutrisi sebanyak 91 paket, sembako 56 paket, family kit 58 paket, paket kewirausahaan 22 paket.

Selain itu, ada alat bantu aksesibilitas berupa kursi roda 4 in one sebanyak 2 buah, kursi roda standar 5 buah, Alat bantu dengar 4 unit, walker 1 unit, tongkat kaki 3 ada 2 unit, tongkat kaki 4; 3 unit, kacamata ; 3 buah dan matras kesehatan.

Ia menambahkan, bahwa bantuan Program Atensi dari Sentra Abiseka Pekanbaru bulan Februari dan Maret disalurkan secara serentak di 13 kabupaten kota yang ada di 3 Provinsi.

Masing- masing 10 kabupaten/kota di Riau, 2 kabupaten/Kota di Sumbar dan 1 kotamadya Tanjung Pinang di Provinsi Kepulauan Riau.

Diterangkan Muhammad Toher lagi bahwa bantuan yang diterima orang ini berbeda-beda berdasarkan kebutuhan dan hasil Asesmen. Kemudian penerima manfaat yang menerima bantuan saat ini telah dilakukan melalui proses Asesmen Komprehensif yang telah dilakukan pada bulan awal Februari lalu.

Usai penyerahan bantuan secara simbolis, Pj Wali Kota Payakumbuh Bersama tim Sentra Abiseka Pekan baru mengunjungi rumah lansia penerima manfaat ialah Zakiah, lansia (89) yang bertempat tinggal di Kelurahan Tigo Koto Diate.

Adapun bantuan yang diserahkan adalah sembako dan seperangkat alat kasur kesehatan.

Tag:

Baca Juga

Senat UIN Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan silaturahmi ke UIN Sumatra Utara (UINSU) Medan pada Jumat (17/5/2024).
Jalin Kolaborasi, Senat UIN Imam Bonjol Padang Kunjungi UIN Sumatra Utara
Bangunan liar (bangli) di Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, kedapatan masih berdiri di atas drainase. Padahal
Tak Tepati Janji, Bangunan Liar di Sawahan Dibongkar Satpol PP Padang
Bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya di sekolah negeri di Padang, baik SD maupun SMP, mulailah bersiap-siap dari sekarang. Sebab bulan
PPDB Online SD dan SMP di Padang Kapan Buka? Berikut Jadwal, Tahapan dan Syaratnya
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal