Fotografer Sumbar Silaturrahmi di Pasar Van Der Capellen

Fotografer Sumbar Silaturrahmi di Pasar Van Der Capellen

Sejumlah fotografer mengabadikan momen salah satu kegiatan perayaan HUT Pertama Pasar Vander Capellen dengan kamera mereka masing-masing (Foto: Ist)

Langgam.id - Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pertama Pasar Van Der Capellen Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, seratusan fotografer yang tergabung dalam Fotografer Ranah Minang (FRM) mengadakan silaturrahmi di pasar digital tersebut, Minggu (29/9/2019).

Para fotografer tersebut dari berbagai penjuru daerah di Sumbar, mulai dari Padang, Pesisir Selatan, Solok, Bukittinggi, Payakumbuh, bahkan ada yang dari Jakarta.

Erison J Kambari, fotografer asal Bukittinggi yang menginisiasi kegiatan itu mengatakan, biasanya FRM bersilaturrahmi dan berdiskusi hanya di grup WA.

Ketika dia mendengar Pasar Van Der Capellen akan merayakan HUT Pertama, muncul ide untuk memanfaatkan momen ini, sekaligus menjadi tempat silaturrahmi para forografer yang terhimpun dalam FRM.  "Alhamdulillah respon kawan-kawan sangat baik," ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Senin (30/9/2019).

Lampiran Gambar

Salah satu rangkaia kegiatan dalam memperingati HUT Pertama Pasar Van Der Capellen (Foto: Ist)

Selain itu, Nanda, seorang fotografer bersal dari Kota Padang yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyebutkan, ia sudah lama tertarik untuk hadir ke Pasar Van Der Capellen, karena begitu banyak objek menarik untuk difoto.

"Konsep pasar tradisionalnya kuat, pedagang berpakaian tradisional, makanannya semuanya tradisional, hiburannya silat, tari daerah, dan payung-payung ini membuat nuansa tempo dulunya semakin kuat," ujarnya.

Selain itu, Juragan Pasar Van Der Capellen, Ade Firman mengatakan, untuk memanjakan lensa para fotografer, Pengurus Pasar Van Der Capellen melaksanakan berbagai kegiatan dalam memperingati HUT Pertama ini.

“Diantaranya carnaval pakaian dari Marapi Art Fashion, Penampilan Silat Kumangi, tari dari Sanggar Pucuak Janiah, serta Rafai Geleng dari Ponpes Jabbal Rahmah Tanah Datar,” ujar Ade.

Selama setahun perjalanan pasar digital di Tanah Datar tersebut, Ade mengklaim pasar itu sukses dan terus berkembang.

“Kuncinya, kekuatan volunteer dan dukungan dari Pemkab Tanah Datar,” jelasnya.

Lalu, Ketua Genpi Tanah Datar, Hijrah Adi Sukrial, yang juga merupakan penanggungjawab serta inisiator Pasar Van Der Capellen mengatakan, mencapai HUT 1 Tahun merupakan prestasi bagi semua pihak yang membangun dan membesarkan pasar yang didirikan di halaman Benteng Van Der Capellen ini.

“Saya yakin, kunci kesuksesan Pasar Van Der Capellen adalah kolaborasi. Terus pertahankan kolaborasi Akademisi, Bisnisman, Communitas, Goverment, dan Media (ABCGM) ini. Tidak ada yang bisa besar tanpa kolaborasi," ujarnya. (*/ZE)

Baca Juga

Pameran Fotografi, Art, Pemutaran Film dan Peluncuran Buku Di Bawah Kuasa Naga
Pameran Fotografi, Art, Pemutaran Film dan Peluncuran Buku Di Bawah Kuasa Naga
Belajar Alam Takambang Jadi Guru Lewat Foto Etnografi Bung Edi
Belajar Alam Takambang Jadi Guru Lewat Foto Etnografi Bung Edi
Mengunjungi Van Der Capellen, Pasar Tradisional di Benteng Belanda
Mengunjungi Van Der Capellen, Pasar Tradisional di Benteng Belanda
Sebanyak 34 desa wisata Sumbar masuk dalam 500 besar ADWI 2024 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
34 Desa Wisata di Sumbar Masuk 500 Besar ADWI 2024, Apa Saja?
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Pameran Foto Kadir van Lohuizen 'Rising Tide' di Erasmus Huis Soroti Krisis Iklim
Satpol PP Padang menertibkan sebuah warung makan di Jalan Bypass Km 7, Kecamatan Pauh, pada Selasa (21/5/2024). Penertiban itu dilakukan
Bangunan Menutupi Halte Trans Padang, Sebuah Warung Makan di Bypass Ditertibkan