Mengunjungi Van Der Capellen, Pasar Tradisional di Benteng Belanda

Mengunjungi Van Der Capellen, Pasar Tradisional di Benteng Belanda

Pengunjung berfoto pada salah satu 'spot selfie' yang disediakan di Pasar Van Der Capellen, Tanah Datar, Sumatera Barat. (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Pasar Van Der Capelen yang merupakan salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat hadir dengan konsep tradisional atau tempo dulu.

"Pasar Vander Capellen merupakan pasar yang dikonsep sebagai destinasi wisata yang instagramable, viral dan kekinian," kata Ketua Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Tanah Datar, Hijrah Adi Sukrial di Batusangkar, Senin (7/1/2019).

Hijrah menyebutkan, setiap pengunjung dan pedagang yang datang ke pasar tersebut akan mengenakan pakaian khas masyarakat Minang tempo dulu.

Tidak hanya itu, seluruh jajanan yang dijual pun merupakan penganan tradisional Minangkabau, khususnya Tanah Datar atau yang lebih dikenal sebagai Luhak Nan Tuo.

Beberapa kuliner tersebut di antaranya adalah Katupek Pitalah,
Karupuak Pitalah, Karupuak Lado, Lamang Tapai, Nasi Padeh Simabua, Niro Talua, Rendang Telur, Bika, Kue Talam, Kawa Daun dan lain sebagainya.

Selain itu, hal yang paling unik dari pasar ini menurutnya adalah dalam hal bertransaksi antara penjual dan pembeli. Alat tukar yang digunakan di Pasar Van Der Capellen bukanlah uang tunai, melainkan koin khusus yang sebelumnya sudah ditukarkan pada pengelola dengan harga Rp2.500 rupiah setiap koin.

Sebagai sebuah pasar yang dikonsep sebagai destinasi wisata digital, maka di lokasi tersebut juga disediakan beberapa titik untuk selfie bagi para pengunjung.

Hijrah menambahkan, pasar ini disebut dengan Pasar Van Der Capellen lantaran lokasi yang digunakan adalah pelataran Benteng Van Der Capellen yang didirikan pada pada tahun 1824 sebagai basis pertahanan Belanda menghadapi Kaum Paderi. (Syahrul Rahmat/SR)

Baca Juga

Pemko Padang terus menggali potensi sektor pariwisata yang ada di ibu kota Sumatra Barat (Sumbar) ini. Salah satu objek wisata yang akan
Alami dan Asri, Pemko Padang Bakal Kembangkan Objek Wisata Air Terjun Sarasah
Beragam event pariwisata akan digelar di Kota Padang pada November 2023. Dikutip dari akun Instagram Dinas Pariwisata Kota Padang, ada lima event pariwisata
Catat! Ini 5 Event Pariwisata Kota Padang di November 2023
Bukittinggi masuk ke dalam kota pilihan masyarakat Indonesia untuk berwisata. Hal itu berdasarkan hasil survei GoodStats 2023.Dikutip dari
Bukittinggi Masuk Kota Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berwisata
Plaza Timbulun, Wahana Wisata Baru di Pesisir Selatan
Plaza Timbulun, Wahana Wisata Baru di Pesisir Selatan
Sebanyak 120 pemotor dari berbagai penjuru nusantara mengikuti Touring Merdeka Big Max Indonesia bertajuk Explore Sumatra pada Jumat
Ratusan Pemotor dari Berbagai Penjuru Nusantara Jelajahi Wisata Sumbar
Sambil Menanti Sunset, Kini Ada Atraksi Budaya Tiap Sabtu di Pariaman
Sambil Menanti Sunset, Kini Ada Atraksi Budaya Tiap Sabtu di Pariaman