Festival Muaro Padang: Perputaran Uang Capai Rp1,2 Miliar

Festival Muaro Padang: Perputaran Uang Capai Rp1,2 Miliar

Wako Hendri Septa dan Wawako Ekos Albar menutup rangkaian Festival Muaro Padang. (Foto: Diskominfo)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang mengklaim kegiatan Festival Muaro Padang yang digelar pada Jumat-Minggu (19-21/4/2024) mampu meningkatkan kegiatan ekonomi dengan perputaran uang mencapai Rp1,2 miliar, serta berdampak terhadap usaha hotel dan restoran mencapai Rp6,1 miliar.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan Festival Rakyat Muaro Padang Tempo Doeloe yang resmi ditutup Minggu (21/4/2024) untuk menyambut perantau dan wisatawan berjalan lancar dan sukses.

"Sekitar 360 ribu warga turut memeriahkan Festival ini, perputaran uang selama Festival berdasarkan data diperkirakan Rp1,2 miliar. Di samping itu ternyata ada imbas tingkat hunian hotel, usaha restoran dan kafe juga meningkat diperkirakan Rp6,1 miliar," jelasnya dikutip dari Diskominfo.

Hendri juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, menjadi perayaan rutin tahunan untuk warga dan perantau sekaligus menghibur dalam memasuki Bulan Syawal.

"Inilah roh dari Festival Muaro ini, menjadikan kawasan Kota Tua dan Sungai Batang Arau bersih, sehingga wisatawan banyak berkunjung. Banyak peninggalan sejarah di kawasan Batang Arau dan Kota Tua, bagaimana mewujudkan Kota Tua yang bisa menjadi edukasi generasi saat ini," katanya.

Ketua Pelaksana, Edi Hasymi menuturkan baik dari segi pengunjung dan peserta juga turut meningkat. Antusias siswa yang mengikuti parade 'Fashion Show' membuktikan mereka bangga dengan budaya.

"Secara umum pengakuan dari pelaku bazar juga mengalami peningkatan. Inilah menjadi sebuah hadiah untuk mengembangkan perekonomia dan pariwisata kota Padang," tutupnya.

Pada kesempatan itu juga turut diserahkan reward bagi para pemenang lomba dari berbagai kategori diantaranya lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba selaju sampan dan lomba stand UMKM dan kukiner tempo doeloe.

Hadir pada kesempatan itu, Sekda Andree Algamar, Ketua TP-PKK Ny. Genny Hendri Septa, Ketua DWP Vanny Andree Algamar, Kepala OPD di lingkungan Pemko Padang, unsur forkopimda dan sejumlah unsur terkait lainnya. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Senat UIN Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan silaturahmi ke UIN Sumatra Utara (UINSU) Medan pada Jumat (17/5/2024).
Jalin Kolaborasi, Senat UIN Imam Bonjol Padang Kunjungi UIN Sumatra Utara
Bangunan liar (bangli) di Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, kedapatan masih berdiri di atas drainase. Padahal
Tak Tepati Janji, Bangunan Liar di Sawahan Dibongkar Satpol PP Padang
Bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya di sekolah negeri di Padang, baik SD maupun SMP, mulailah bersiap-siap dari sekarang. Sebab bulan
PPDB Online SD dan SMP di Padang Kapan Buka? Berikut Jadwal, Tahapan dan Syaratnya
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal