Festival Marandang Meriahkan Rangkaian Festival Muaro Padang

Festival Marandang Meriahkan Rangkaian Festival Muaro Padang

Wali Kota Padang Hendri Septa menikmati proses memasak randang dalam Festival Marandang yang menjadi rangkaian dari Festival Muaro Padang. (Foto: Kominfo Padang)

Langgam.id - Memasuki hari kedua pelaksanaan Festival Muaro Padang, Selasa (25/4/2023) lalu, Festival Marandang (memasak rendang) ikut memeriahkan event yang di pusatkan di kawasan Batang Arau selama 24-27 April 2023 itu.

Wali Kota Padang Hendri Septa pun mengapresiasi festival yang diikuti para pelaku usaha rendang, serta para generasi muda yang disebut 'Rang Mudo' dan Puti Bungsu' dari seluruh kecamatan tersebut.

Masing-masing peserta pun tampak saling memperlihatkan keterampilan dalam memasak kuliner khas ranah Minang itu.

"Kita tentu berharap, warga Minangkabau khususnya para generasi muda senantiasa menghargai warisan leluhur salah satunya marandang ini," kata Hendri dikutip dari laman Kominfo Padang, Rabu (26/4/2023).

Ia menyaksikan langsung proses pembuatan rendang dalam festival tersebut. Tampak hadir menemani Wako Padang antara lain Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama para Asisten, para pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang.

Selain itu juga terlihat Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap serta Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa dan unsur terkait lainnya.

"Festival Marandang sengaja kita gelar dalam rangkaian Festival Muaro Padang. Alasannya adalah memiliki makna dan hikmah yang penting bagi kita semua. Terutama masyarakat, khususnya perantau yang dapat menyaksikan proses memasak randang secara langsung," sambung Wako menambahkan.

Selanjutnya Wako Padang itu juga membeberkan, Festival Muaro Padang dipersembahkan Pemko Padang untuk warga Kota Padang atau para pemudik dan wisatawan yang berada di Padang semasa libur lebaran.

"Sejumlah event menarik alhamdulillah kita sajikan dalam festival Muaro Padang ini. Hari pertama, Senin (24/4/2023) kemarin selain pembukaan kegiatan ada Fashion Karnaval, Pekan Ekonomi Kreatif serta Festival Bonsai, Hiburan dan kesenian tradisional serta penyediaan Perahu Hias gratis bagi yang ingin menikmati keindahan Sungai Batang Arau," katanya.

"Sementara hari kedua ada Festival Marandang di samping tetap menggelar hiburan band acoustic dan kesenian tradisional. Rabu, (26/4/2023) ada event yang tak kalah menariknya yaitu Festival Selaju Sampan disertai Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo disamping kembali menggelar Pekan Ekonomi Kreatif, Festival Bonsai, Hiburan musik dan kesenian tradisional serta penyediaan Perahu Hias."

"Alhamdulillah, pada Kamis (27/4/2023) event Festival Muaro Padang akan resmi kita tutup. Pada hari itu kita juga akan menggelar Fashion Selaju Sampan serta tetap menggelar Pekan Ekonomi Kreatif, Festival Bonsai, Hiburan dan kesenian tradisional serta penyediaan Perahu Hias," kata Hendri.

Lebih jauh orang nomor satu di Kota Padang berharap melalui Festival Muaro Padang dapat membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19, begitu pula di sektor perhotelan, restoran, jasa dan lainnya.

"Alhamdulillah sesuai prediksi 2 juta perantau dan wisatawan telah datang ke Kota Padang pada libur lebaran tahun ini. Semoga akan terjadi perputaran uang yang luar biasa, ditaksir mencapai puluhan miliar," katanya. (*/FS)

Baca Juga

Pemko Padang kembali bakal menggelar Festival Muaro Padang pada tahun ini. Festival ini rencananya dilaksanakan usai Idul Fitri 1445 H nanti.
Festival Muaro Menyambut Wisatawan saat Libur Lebaran di Padang
Pohon Tumbang Penghambat Akses Jalan di Simpang Lubuk Begalung Dibersihkan
Pohon Tumbang Penghambat Akses Jalan di Simpang Lubuk Begalung Dibersihkan
Padang Luncurkan Program KKN Tematik Nabuang Sarok
Padang Luncurkan Program KKN Tematik Nabuang Sarok
Sebuah kota tidak hanya sebuah wilayah geografis; itu adalah kumpulan dari budaya, kreativitas, dan kolaborasi yang mengalir melalui jalan
Sosok Pemimpin yang Dibutuhkan Padang: Membangun Kota Kreatif dan Kolaboratif
Satu Unit Mobil Diderek Petugas di Kawasan Jati Padang
Satu Unit Mobil Diderek Petugas di Kawasan Jati Padang
Pabaruak, Film Terpilih Fesbul Bertemakan Kearifan Lokal Minangkabau Diputar di Kota Padang
Pabaruak, Film Terpilih Fesbul Bertemakan Kearifan Lokal Minangkabau Diputar di Kota Padang