Fakultas Adab UIN Imam Bonjol Jalin Kerjasama dengan FAHUM UIN Sunan Ampel

Fakultas Adab UIN Imam Bonjol Jalin Kerjasama dengan FAHUM UIN Sunan Ampel

Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Imam Bonjol Padang menjalin kerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Sunan Ampel Surabaya (ist)

PalantaLanggam - Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Imam Bonjol Padang menjalin kerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Sunan Ampel Surabaya. Penandatangan perjanjian ini berlangsung di Aula FAH UIN Imam Bonjol Padang, Rabu (09/10/2019).

Dekan FAH UIN Imam Bonjol, Yufni Faisol mengatakan, kerjasama ini bentuk tindaklanjut dari nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dijalin sejak beberapa tahun lalu.

“Sejatinya, kerjasama antara dua Fakultas Adab dan Humaniora ini sudah lama dan akan berakhir tahun 2020,” katanya.

Kerjasama antar dua perguruan tinggi ini mencakup tiga pokok dalam tridharma perguruan tinggi. Masing-masing, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Mengingat pentingnya arti MoU dan perjanjian kerjasama bagi institusi, maka menurutnya, penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut akan menjadi dasar untuk pelaksanaan kegiatan di waktu mendatang.

Selain itu, perjanjian kerjasama antara FAH pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sendiri sudah ditandangani pada forum Asosiasi Dosen Ilmu Adab (ADIA) di UIN Raden Fatah Palembang, tahun 2016 yang lalu.

Dekan FAHUM UIN Sunan Ampel,  Agus Aditoni mengatakan, kerjasama ini penting untuk meningkatakan kualitas kelembagaan Fakultas Adab dan Humaniora, baik untuk FAHUM UIN Sunan Ampel maupun FAH UIN Imam Bonjol.

“Lebih dari itu, tentu saja untuk mendorong kemajuan dalam bidang kajian ilmu-ilmu keadaban dan humaniora,” kata Doktor Fiqh Lughah asal Blitar ini.

Ia juga mengatakan bahwa dewasa ini, kegiatan MoU dan kerjasama tak dapat hanya di atas kerja saja.

Tuntutan akreditasi sebagaimana dimaksud oleh Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) justru menuntut bukti-bukti dokumentasi berupa kegiatan nyata yang dikerjasamakan. Salah satunya, kerjasama dengan FAH UIN Imam Bonjol sekarang yang diiringi langsung dengan kegiatan nyata, yaitu kuliah umum yang melibatkan kedua belah pihak.

“Saat ini, FAH UIN Imam Bonjol Padang yang akan menjadi tuan rumah, FAHUM UINSA yang jadi pembicara. Selanjutnya, FAHUM UINSA yang akan jadi tuan rumah dan FAH UIN Imam Bonjol Padang dapat mengutus dosennya sebagai pembicara,” kata Agus.

Sementara itu, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FAH UIN Imam Bonjol, Danil M Caniago menguraikan beberapa kegiatan yang dikerjasamakan. Di antaranya, pertukaran dosen, seminar bersama, kerjasama pengembangan jurnal, dan beberapa kegiatan yang terkait dengan pengembangan kemahasiswaan. (*/ICA)

Baca Juga

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar halal bi halal usai cuti bersama Idul Fitri 1445 H di Gedung J kampus III UIN IB,
Jalin Silaturahmi, UIN Imam Bonjol Padang Adakan Halal bi Halal
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang memperpanjang pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024. Hal itu diketahui dari postingan
Pendaftaran Wisuda ke-91 Tahun 2024 UIN Imam Bonjol Padang Diperpanjang
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membuka pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024 untuk program diploma, program sarjana, program
UIN Imam Bonjol Padang Buka Pendaftaran Wisuda ke-91 pada 26-30 Maret 2024
UIN Imam Bonjol Padang berhasil meraih predikat sebagai salah satu kampus keagamaan Islam terbaik di Indonesia. Berdasarkan SPAN-PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang Peringkat Keempat dengan Pendaftar Terbanyak di SPAN PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang akan mengelar perlombaan bagi mahasiswa yakni Pekan Kreatifitas Mahasiswa Universitas (PKMU). Perlombaan tahunan ini
UIN Imam Bonjol Bakal Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa Universitas 30 April-5 Mei
Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Imam Bonjol Padang berbagi kebahagiaan dengan menggelar kegiatan “Berbagi Sesama” jelang Hari Raya Idul
DWP UIN Imam Bonjol Padang Bagikan Paket Lebaran kepada 279 Orang Tenaga Penunjang