Empat Komoditas Naik di Padang Panjang

Empat Komoditas Naik di Padang Panjang

Pedagang Cabai di Pasar Raya Padang (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kota Padang Panjang pada minggu keempat Mei 2024 tercatat sebesar 2,51, menunjukkan fluktuasi sedang.

Kepala Bagian Perekonomian Setdako Padang Panjang Putra Dewangga, meskipun secara umum harga 48 komoditas relatif stabil, fluktuasi terjadi pada delapan komoditas. Empat di antaranya mengalami kenaikan harga, yaitu: cabai merah, daging ayam ras dan bawang merah.

“Pada minggu keempat ini secara umum harga-harga 48 komoditi relatif stabil. Fluktuasi terjadi pada delapan komoditi. Empat mengalami kenaikan dan empat lainnya turun harga,” ujarnya, dilansir Kominfo Padang Panjang, Selasa (28/5/2024).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) secara historis 2020-2023 pada bulan Mei selalu terjadi inflasi.

Di Sumatera Barat terdapat empat Kabupaten/Kota yang masuk 10 kenaikan IPH tertinggi. Di antaranya Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai dan Agam.

Di Kota Padang Panjang komoditas utama yang mengalami kenaikan harga, di antaranya telur ayam ras dan minyak goreng kemasan sederhana. Sedangkan komoditas yang turun di antaranya daging ayam broiler, cabai hijau, cabai rawit dan cabai merah.

“Cabai hijau, cabai merah dan rawit turun harga walaupun tidak begitu signifikan. Ini menandakan pasokan yang mulai bertambah dibandingkan pada minggu sebelumnya sehingga dapat menekan harga di pasar,” tandasnya. (*/Yh)

Baca Juga

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
Jemaah Haji Asal Padang Panjang Meninggal Dunia di Tanah Suci
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Selama Idul Adha, 620 Hewan Kurban Disembelih di Padang Panjang
Sampai Mei, Sebanyak 98 Kasus TB Ditemukan di Padang Panjang
Sampai Mei, Sebanyak 98 Kasus TB Ditemukan di Padang Panjang
Salat Idul Adha di Padang Panjang Bakal Digelar di Lapangan Bancalaweh
Salat Idul Adha di Padang Panjang Bakal Digelar di Lapangan Bancalaweh
KPU Padang Panjang memastikan tidak ada calon perseorangan atau independen yang akan maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)
Pilkada Padang Panjang 2024 Tanpa Calon Independen
Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang