Dukung Perluasan Peluang Kerja, Pemko Padang Genjot 'Entrepreneurship' Tekan Pengangguran

Dukung Perluasan Peluang Kerja, Pemko Padang Genjot 'Entrepreneurship' Tekan Pengangguran

Wali Kota Padang Hendri Septa menerima kunjungan BPKK Bekasi. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id– Pemerintah Kota Padang bersama Balai Perluasan Kesempatan Kerja (BPKK) Bekasi berkomitmen untuk memperluas peluang kerja dan menekan angka pengangguran di kota ini.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, dalam pertemuan dengan BPKK Bekasi dan instansi terkait lainnya, menyampaikan dukungan penuhnya terhadap program perluasan kesempatan kerja.

Ia menekankan pentingnya pengembangan "entrepreneurship" sebagai salah satu solusi untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih mandiri dan tangguh.

"Pemerintah Kota Padang berkomitmen untuk mendukung dan mendorong penciptaan lapangan kerja, terutama melalui sektor kewirausahaan," ujarnya, dalam keterangannya, Selasa (29/4/2024).

Kepala BPKK Bekasi, Lucia Hartiningtyas Mardyasari, menjelaskan bahwa salah satu strategi utama dalam perluasan kesempatan kerja adalah meningkatkan kapasitas Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

"Kami berharap pemerintah daerah, termasuk Kota Padang, dapat mengalokasikan anggaran khusus untuk mendukung perluasan kesempatan kerja, tidak hanya melalui pelatihan, tetapi juga melalui program-program yang konkret dan inovatif," tutur Lucia.

Ia juga menambahkan bahwa pada tahun 2023, BPKK Bekasi telah memfasilitasi 325 kelompok TKM di Sumatra Barat, dengan hampir 50 persen di antaranya berasal dari Kota Padang.

Pertemuan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Sumatera Barat (BP3MI Sumbar), Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Padang.

Sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dan pihak swasta diharapkan dapat mempercepat terwujudnya perluasan peluang kerja di Kota Padang.

Dengan fokus pada pengembangan "entrepreneurship" dan program-program inovatif lainnya, diharapkan angka pengangguran di Kota Padang dapat ditekan secara signifikan dan tercipta lapangan kerja yang lebih berkualitas bagi masyarakat. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
Fateta Unand Berbagi Inovasi Pengolahan Pangan dan Teknologi Pasca Panen di Agam
Fateta Unand Berbagi Inovasi Pengolahan Pangan dan Teknologi Pasca Panen di Agam
Jokowi mengatakan, bahwa akibat bencana banjir bandang yang melanda Sumbar beberap waktu lalu, menyebabkan 625 rumah warga mengalami
159 Rumah Rusak Berat Akibat Banjir di Sumbar, Jokowi: Ada 100-an Sudah Setuju untuk Relokasi
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
PPDB SMA, SMK dan SLB tahun 2024 di Sumbar akan segera dibuka. Dilansir dari situs Dinas Pendidikan Sumbar, PPDB SMS, SMK dan SLB ini
Segera Dibuka, Berikut Jadwal PPDB SMA, SMK dan SLB di Sumbar Tahun 2024
Departemen TIP Fateta Unand Latih Masyarakat Koto Malintang dalam Pengolahan Pala, Kayu Manis, dan Ikan
Departemen TIP Fateta Unand Latih Masyarakat Koto Malintang dalam Pengolahan Pala, Kayu Manis, dan Ikan