Dorong Pengembangan RSUP M Djamil, Andre Rosiade Serahkan Surat ke Menteri BUMN

Infolanggam- RSUP M Djamil Padang Sumbar secara resmi telah melakukan groundbreaking perluasan kawasan rumah sakit pada 30 September 2022. Perluasan ini dilakukan sebagai tidak lanjut atas pengembangan Layanan Kesehatan Kamar Rawat Inap Standar (KRIS).

Sebagai rumah sakit rujukan akhir untuk wilayah Sumatra bagian tengah, pembangunan delapan gedung baru untuk penambahan kamar rawat inap di RSUP M Djamil sangat diperlukan agar tetap mampu memfasilitasi pasien dari beberapa provinsi tetangga.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar I Andre Rosiade menjelaskan RSUP M Djamil, yang merupakan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan, masih membutuhkan perluasan lahan tambahan untuk pembangunan 250 kamar rawat inap yang bisa menampung 15 ribu pasien setahun.

Namun lahan yang digunakan untuk perluasan Rumah Sakit M Djamil, berada di bawah penguasaan Kementerian Perhubungan dan PT KAI.

Karena itu, sebagai legislator yang mewakili Sumbar, Andre menyampaikan aspirasi langsung kepada Menteri BUMN Erick Thohir agar segera memberikan disposisi. Ia berharap lahan tersebut bisa digunakan oleh RSUP M Djamil dalam rangka reformasi unit pelayanan kesehatan di Sumbar itu.

"Alhamdulillah, RSUP M Djamil sudah mengadakan rapat dengan pihak kementerian kesehatan dan PT KAI, difasilitasi oleh kantor staf kepresidenan waktu itu dan disetujui bahwa PT KAI bersedia untuk melepas tanah miliknya.  Komisaris PT KAI sudah melakukan rapat untuk melepas tanah ini dan dirut PT KAI juga sudah bersurat dengan Kementerian BUMN," kata Andre saat Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri BUMN Erick Tohir di DPR RI Kamis (14/9).

Andre menyebut, itu adalah kewajibannya sebagai wakil rakyat dari Sumbar. "Yang kami minta sebagai wakil rakyat dari Sumatera Barat yang pertama harganya tolong dibantu menjadi harga yang sangat efisien karena ini kebutuhan masyarakat Sumatera Barat, dan saya minta pak menteri tolong diposisinya di percepat," tambah Andre.

Dalam kesempatan tersebut, Andre yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat itu langsung menyerahkan surat resmi permohonan pembelian dan penggunaan lahan milik PT KAI untuk perluasan RSUP M Djamil ke Menteri BUMN.

"Untuk itu saya meminta waktu kepada pimpinan untuk menyerah surat permohonan ini kepada menteri BUMN secara langsung sebagai tugas saya sebagai wakil rakyat dan tanggungjawab saya kepada konstituen saya di Sumatera Barat," ujar Andre,

Ia mengatakan, bersama Partai Gerindra akan terus memperjuangkan aspirasi dari masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan yang jauh lebih baik bagi masyarakat khususnya di Sumbar.

"Inilah bentuk kerja nyata kader Partai Gerindra kepada rakyat, khususnya di Sumatera Barat," ungkap Andre sembari menyerahkan surat resmi tersebut kepada Menteri BUMN.

Di tempat terpisah, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil, Dovy Djanas menyebut, lahan yang digunakan untuk perluasan sebelumnya berada di bawah penguasaan Kementerian Perhubungan dan PT KAI. Namun setelah berbagai upaya koordinasi lintas sektor yang ditengahi KSP, lahan untuk perluasan dan pembangunan gedung baru tersebut dialihkan ke Kementerian Kesehatan dan dapat digunakan oleh RSUP Dr M Djamil Padang.

“Terima kasih pak Andre Rosiade yang telah menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi kami. Semoga kita bisa terus meningkatkan kualitas layanan di M Djamil ini,” kata Dovy Djanas.

Baca Juga

PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
Kabar duka datang dari jemaah haji Sumatra Barat (Sumbar). Dimana satu orang jemaah haji Sumbar dari Kloter XII meninggal dunia.
1 Jemaah Haji Kloter XII Asal Sumbar Meninggal Dunia, Andre Rosiade Sampaikan Duka Cita
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade, menemui jamaah haji Kloter XII Kota Padang, Sumbar di Hotel Mashhur, Syisyah, Makkah,
Jelang Armuzna, Andre Rosiade Berbagi 400 Paket Makanan untuk Jamaah Haji Asal Sumbar
Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Zonas Asia Piala Dunia (PD) 2026 usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama
Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi PD 2026, Andre Rosiade: Sebuah Pencapaian yang Hebat
Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar, Andre Rosiade mengungkapkan bahwa Gerindra Sumbar berkurban sebanyak 73 ekor sapi.
Andre Rosiade: Gerindra Sumbar Berkurban 73 Ekor Sapi pada Idul Adha 1445 H
Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Zonas Asia Piala Dunia (PD) 2026 usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama
Andre Rosiade Gelar Tebak Skor Indonesia Vs Filipina, Hadiahnya Rp25 Juta