Dorong Hilirisasi Komoditas Tambang, Andre Rosiade Apresiasi MIND ID

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra Andre Rosiade mengusulkan agar Garuda Indonesia menambah pesawat berbadan lebar baru untuk melayani

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade. [foto: Ist]

Infolanggam- Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade mengapresiasi pencapaian BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID dalam mendorong hilirisasi komoditas pertambangan. MIND ID juga didorong menjadi duta sektor pertambangan Indonesia dalam berkompetisi dengan korporasi global.

Dia mengatakan MIND ID telah memegang peran kunci dalam menciptakan nilai tambah produk sumber daya alam nasional melalui pembangunan sejumlah proyek smelter. Langkah ini diyakini akan memberikan kemakmuran bagi bangsa Indonesia. 

Dengan langkah progresif tersebut, dirinya yakin MIND ID mampu membuat Indonesia memiliki pengaruh yang lebih besar di pasar komoditas tambang global.

"Sudah saatnya kekayaan negara ini dikelola dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk tujuan kebangkitan dan kemakmuran bangsa demi Indonesia Emas. Melalui MIND ID kita bisa mewujudkan cita-cita mulia ini," kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu. 

Andre mengungkapkan, MIND ID harus dapat bersaing dengan sejumlah perusahaan tambang kelas dunia. Apalagi, Indonesia menjadi kunci dalam rantai pasok komoditas mineral secara global.

Terlebih, dalam industri kendaraan listrik misalnya, Andre menerangkan bahwa Indonesia menjadi pemilik cadangan nikel terbesar di dunia dengan cadangan hingga 55 juta metrik ton. Sementara produksi nikel RI menyentuh 1,8 juta ton pada 2023 atau 50% dari total produksi global.

Di samping itu nikel, Indonesia memiliki komoditas tambang lain yang akan mampu membuat ekosistem produksi kendaraan listrik lebih mudah diwujudkan.

"MIND ID harus menjadi ujung tombak dalam meningkatkan hilirisasi komoditas tambang nasional, sehingga pada akhirnya kami berharap semua ikhtiar akan berdampak pada peningkatan penerimaan negara termasuk kemakmuran Bangsa Indonesia,” kata Andre. 

Dalam upaya memperkuat pengaruh Indonesia pada pasar komoditas global, MIND ID telah mendorong Indometal London Ltd untuk menjadi korporasi berkelas internasional yang mampu memberi pengaruh pada pasar tambang dunia.

Kata Andre, Indonesia memiliki keuntungan yang besar dari sisi cadangan global komoditas mineral. Oleh karenanya, MIND ID beserta seluruh Anggota Holding perlu memperkuat integrasi dan kolaborasi untuk memaksimalkan margin harga. (*)

Baca Juga

Anggota DPR RI Komisi VI Andre Rosiade memenuhi janjinya memberikan paket makanan kepada jemaah haji asal Sumatra Barat. Sebanyak 400 paket
Penuhi Janji, Andre Rosiade Bagikan 400 Paket Makanan untuk Jemaah Haji Asal Sumbar
Angota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade meyakini rencana presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menyatukan partai politik
Prabowo Kurban Ratusan Sapi, Andre Rosiade: Rasa Syukur Pemilu Lancar
Persoalan tenda tidak hanya terjadi pada jemaah haji reguler. Jemaah haji yang berangkat lewat jalur furoda VIP juga terpaksa tidur di lorong
Ungkap Maktab VIP Berantakan, Andre Rosiade: Cek Asosiasi Travel Haji Indonesia!
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade menyebutkan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto adalah sosok yang paling konkret
Mahmoud Abbas Puji Prabowo, Andre Rosiade: Paling Konkret untuk Palestina
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
Kabar duka datang dari jemaah haji Sumatra Barat (Sumbar). Dimana satu orang jemaah haji Sumbar dari Kloter XII meninggal dunia.
1 Jemaah Haji Kloter XII Asal Sumbar Meninggal Dunia, Andre Rosiade Sampaikan Duka Cita