Dituding Tidak Tegas Soal Tambang Aie Dingin, Ini Kata Mahyeldi

Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. [foto: Pemprov Sumbar]

Langgam.id - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menepis tudingan sejumlah pihak yang menyebutkan Pemprov Sumbar tidak serius dalam menangani tambang galian C di Air Dingin, Kabupaten Solok.

Mahyeldi menegaskan bahwa penutupan tambang tersebut telah melalui proses rapat dan koordinasi antara OPD Pemprov Sumbar dan Pemkab Solok.

"Justru kita sudah tutup, dan itu sudah hasil rapat, setelah kita berbagi tugas, hasil rapat antara dinas OPD Provinsi dengan OPD di Solok," tegas Mahyeldi di Padang, Kamis (9/5/2024).

Lebih lanjut, Mahyeldi menjelaskan bahwa telah dilakukan pembagian tugas antara Pemprov dan Pemkab terkait penutupan tambang.

"Hasil rapat itu, sudah ada tugasnya masing-masing. Tugas kita, sudah kita tutup (izinnya), dan kemudian sudah dipasang juga plang (disana)," tandasnya.

Mahyeldi pun menegaskan bahwa tidak perlu lagi dilakukan rapat terkait persoalan tersebut. "Sesuatu yang sudah kita tegaskan, jadi tidak perlu rapat-rapat lagi. Waktu itu, kan sudah kita eksekusi, apa yang bertugas, masing-masing sesuai aturan. Maksudnya (saat ini) tidak ada negosiasi lagi," tegasnya.

Penutupan tambang galian C Air Dingin dilakukan karena ditemukan pelanggaran oleh perusahaan yang sebelumnya telah mendapatkan izin.

"Apalagi itu (perusahaan) sudah menganggu, karena ketidakpatuhan dari perusahaan yang selam ini mendapatkan izin untuk itu. Mereka tidak melaksanakan tugas mereka, tidak melaksanakan apa yang diatur oleh peraturan, ya sudah kita tutup," pungkas Mahyeldi. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

[Prebunking] Cek Fakta: Jalan Lembah Anai yang Putus Sudah Bisa Dilewati, Benarkah?
[Prebunking] Cek Fakta: Jalan Lembah Anai yang Putus Sudah Bisa Dilewati, Benarkah?
Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan
Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan
Ketua PPIH Embarkasi Padang, Mahyudin melakukan monitoring layanan di bidang konsumsi pada Jumat (24/5/2024).
Pastikan Layanan Ibadah Haji Lancar, Ketua PPIH Embarkasi Padang Lakukan Monitoring
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Koalisasi Masyarakat Pers Sumatra Barat (Sumbar) menolak revisi Undang-Undang Penyiaran (UU Penyiaran). Koalisi ini terdiri dari AJI
Berpotensi Hambat Kebebasan Pers, Koalisi Masyarakat Pers Sumbar Tolak Revisi UU Penyiaran
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar acara pengukuhan lulusan PPG
119 Peserta Ikuti Pengukuhan Lulusan PPG UIN Imam Bonjol Padang