Dispora Sumbar Gelar Kejurnas Pencak Silat 2022 di Payakumbuh, Berikut 13 Kelas yang Dipertandingkan

Langgam.id - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar menggelar Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Satuan Tingkat Pendidikan Nasional tahun 2022 pada 6-11 September 2022 di Kota Payakumbuh.

Kejurnas Pencak Silat ini merupakan kegiatan yang digagas oleh Dispora Sumbar sebagai ajang kompetisi pencak silat ditingkat nasional yang bertujuan tidak hanya untuk menjalin silaturahmi namun juga untuk mencari atlit berprestasi guna ajang Pekan Olahraga Nasional berikutnya.

Kepala Dispora Sumbar Dedy Diantolani mengatakan Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada pelajar yang menekuni Pencak Silat di seluruh Indonesia untuk mewakili IPSI Provinsi, Perguruan atau Klub Pencak Silat Provinsi se-Indonesia untuk berkompetisi meraih prestasi.

“Selain menjalin silaturahmi, Kejurnas Pencak Silat ini dalam rangka melestarikan dan mengembangkan Pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda asal Indonesia yang juga sekaligus menjadi ajang pembinaan prestasi pesilat pelajar yang berkesinambungan serta mempersiapkan pesilat-pesilat pelajar yang handal di masa akan datang,” ujarnya, Rabu (31/8/2022).

Ia menjelaskan untuk nomor pertandingan yang akan dipertandingkan ada 13 nomor dengan kelas A sampai J, tunggal, regu, dan ganda yang dapat diikuti oleh kategori putra dan putri.

“Kelas A (39kg-43kg), Kelas B (43kg-47kg), Kelas C (47kg-51kg), Kelas D (51kg-55kg), Kelas E (55kg-59kg), dan Kelas F (59kg-63kg) yang semuanya bisa diikuti oleh kategori putra dan putri,” kata Kadispora Sumbar didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Rasydi Sumetry.

Kemudian untuk Kelas G (63kg-67kg), Kelas H (67kg-71kg), Kelas I (71kg-75kg), dan Kelas J (75kg-79kg) hanya bisa diikuti oleh kategori putra, tapi untuk nomor pertandingan tunggal, regu, dan ganda, bisa diikuti oleh kategori putra dan putri.

“Kuota peserta pada kejuaraan ini sebanyak 700 orang terdiri dari kategori tanding dan TGR dari seluruh kontingen serta kejuaraan ini dilaksanakan Open Terbatas yang meliputi peserta mewakili IPSI Provinsi masing-masing satu kontingen, peseta mewakiliu perguruan nasional tingkat provinsi satu kontingen, dan peserta mewakili perguruan daerah tingkat provinsi satu kontingen,” ujarnya.

Kejurnas Pencak Silat antar Satuan Pendidikan Tingkat Nasional yang mengangkat tema Melalui Pencak Silat Nasional antar Satuan Pendidikan Tingkat Nasional 2022 Kita Tingkatkan Semangat dan Inspirasi Atlet Pencak Silat yang Sportif Untuk Pencak Silat Juara ini akan memperebutkan total hadiah hingga Rp33 juta dan medali serta sertifikat atau piagam.

Kemudian untuk pendaftaran keikutsertaan pada Kejurnas Pencak Silat 2022 ini dapat dilakukan melalui email kejuaraannasional2022@gmail.com yang telah dimulai sjeik tanggal 18 Juli 2022 lalu hing 28 Agustus 2022 mendatang dan untuk keabsahan administrasi peserta dilakukan pada Ming-Senin, 4-5 September 2022 mendatang di GOR Tanjung Pauh, Kota Payakumbuh dengan membawa persyaratan superti yang tertera di Pedoman Pelaksanaan Kejurnas Pencak Silat antar Satuan Pendidikan Tingkat Nasional 2022.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pemko Payakumbuh kembali menerima predikat opini WTP atas hasil pemeriksaan LKPD Tahun 2022 yang dilakukan oleh BPK.
Pemko Payakumbuh Raih WTP ke-9 Kali Berturut-turut dari BKP RI
Pemko Payakumbuh Ikuti Penilaian Tahap Ke-3 Penghargaan Pembangunan Daerah
Pemko Payakumbuh Ikuti Penilaian Tahap Ke-3 Penghargaan Pembangunan Daerah
Rekomendasi Wako: Kisai Agro, Kafe Edukasi Pertanian di Payakumbuh
Rekomendasi Wako: Kisai Agro, Kafe Edukasi Pertanian di Payakumbuh
Wako Resmikan Jembatan Gantung Baru di Payakumbuh, Hubungkan 2 Kelurahan
Wako Resmikan Jembatan Gantung Baru di Payakumbuh, Hubungkan 2 Kelurahan
Periksa Kendaraan Dinas ASN Pemko Payakumbuh, Pj Wako: Ditarik Bila Tak Terawat
Periksa Kendaraan Dinas ASN Pemko Payakumbuh, Pj Wako: Ditarik Bila Tak Terawat
Realisasi Belanja APBD Kota Payakumbuh Peringkat 6 di Indonesia
Realisasi Belanja APBD Kota Payakumbuh Peringkat 6 di Indonesia