Dipimpin Kapolres, Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Dharmasraya Berlangsung Khidmad

Langgam.id - Upcara peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah berlangsung khidmad, Kamis (10/11/2022).

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan. [Foto: Dok. Pemkab Dharmasraya]

Langgam.id - Upcara peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah sebagai Inspektur Upacara berlangsung khidmad, Kamis (10/11/2022).

Dalam amanat Pidato Mensos RI, Tri Risma Maharani yang dibacakan Kapolres, mengajak masyarkat untuk menghidupkan kembali ingatan masyarakat tentang perjuangan para pahlawan. Dengan hanya berbekal bambu runcing, pahlawan dengan semangat bergerak mengadang musuh.

Dalam sebagian amanat yang dibacakan, negara sedang berjuang dalam menaklukkan ancaman dan tantangan, seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

"Begitu juga kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam, termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang," ujar Nurhadiansyah.

"Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena para Pahlawan kita telah memberikan Teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman," sambungnya.

Ia berharap, teladan dari para Pahlawan Bangsa menjadi semangat masyarakat di Peringatan Hari Pahlawan. Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Momentum Peringatan Hari Pahlawan, kata Nurhadiansyah, harus dijadikan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

"Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tunaku Kerajaan menambahkan, Peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Baca juga: Pulau Punjung Targetkan Juara Umum MTQ ke-XI Dharmasraya

"Setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para Pejuang yang gugur, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," kata Sutan Riska.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Bupati Dharmasraya Kukuhkan Marjilis Jadi Camat Tiumang
Bupati Dharmasraya Kukuhkan Marjilis Jadi Camat Tiumang
Mutasi Awal Tahun, Bupati Dharmasraya Lantik 10 Pejabat Pemkab
Mutasi Awal Tahun, Bupati Dharmasraya Lantik 10 Pejabat Pemkab
Kapolsek Sungai Rumbai Mediasi Sengketa Warga dengan Perusahaan Kebun Sawit
Kapolsek Sungai Rumbai Mediasi Sengketa Warga dengan Perusahaan Kebun Sawit
Warna-Warni Pawai Budaya di Dharmasraya
Warna-Warni Pawai Budaya di Dharmasraya
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19
Diresmikan Menteri PUPR, Masjid Agung Dharmasraya Mulai Digunakan
Diresmikan Menteri PUPR, Masjid Agung Dharmasraya Mulai Digunakan