Dikenal Membahayakan Kesehatan, Ternyata Ini Manfaat Minuman Bersoda

minuman kesehatan

Ilustrasi minumn bersoda (pixabay.com)

Langgam.id - Minuman bersoda adalah jenis minuman yang mengandung karbon dioksida. Hal ini yang membuat munculnya gelembung-gelembung dalam air yang menempel di dinding wadahnya.

Dengan adanya gelembung dalam minuman bersoda, tak ayal orang yang meminumnya akan merasakan sensasi tersendiri saat menenggaknya.

Akibat berbagai kandungan minuman bersoda itulah para pelaku diet dan ahli kesehatan mengingatkan bahaya minuman bersoda. Akan tetapi, di balik bahaya minuman bersoda yang mengintai, nyatanya terselip manfaat minuman bersoda bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat minuman bersoda seperti dikutip dari Tempo.co

1. Melepas dahaga
Salah satu manfaat minuman bersoda adalah dapat membantu menghilangkan rasa dahaga yang dirasakan. Terlebih saat cuaca sedang panas-panasnya dan anda membutuhkan asupan cairan yang dapat membuat segar kembali.

Akan tetapi, jenis minuman paling baik untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang tetaplah air putih. Sebab, minuman bersoda mengandung kafein yang bersifat diuretik sehingga berisiko membuat anda mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil.

2. Mengurangi sembelit
Manfaat minuman bersoda berikutnya adalah mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mengurangi sembelit. Sebuah hasil penelitian dilakukan pada 40 orang dewasa yang pernah mengalami stroke, rata-rata mengalami frekuensi buang air besar dua kali lipat ketika minum minuman bersoda.

Terlebih, para peserta penelitian melaporkan adanya penurunan gejala sembelit sebesar 58 persen. Meski demikian, perlu diingat bahwa manfaat minuman bersoda ini bukanlah cara yang sehat untuk melancarkan pencernaan.

3. Meningkatkan rasa kenyang
Minuman bersoda bisa meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan minum air putih.
Ya, minuman bersoda dapat membantu makanan tetap berada di dalam perut lebih lama sehingga meningkatkan rasa kenyang. Hal ini tak terlepas dari kandungan gula dan gas yang tinggi di dalam minuman soda.

Kendati demikian, manfaat minuman bersoda satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.

4. Meningkatkan kemampuan menelan
Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa manfaat minuman bersoda dapat meningkatkan kemampuan menelan pada orang dewasa.

Sebuah penelitian melibatkan 16 orang partisipan dalam kondisi sehat yang diminta berulang kali menelan berbagai jenis cairan. Hasilnya, minuman bersoda ternyata dapat merangsang saraf yang bertanggung jawab untuk menelan.

Lebih lanjut, hasil studi lain menunjukkan bahwa konsumsi minuman bersoda yang dingin dapat memaksimalkan manfaat minuman bersoda ini.(Tempo/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Sajian Spesial Bagi Penunggu Pasien di Ruang Rawat Inap VIP dan VVIP Semen Padang Hospital
Kurangi Penumpukan Pasien, SPH Berlakukan Registrasi Antrian Online
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek