Dharmasraya Siapkan Generasi Digital Songsong Revolusi Industri 4.0

Dharmasraya Siapkan Generasi Digital Songsong Revolusi Industri 4.0

Foto: Humas Pemkab Dharmasraya

Langgam.id - Kabupaten Dharmasraya songsong revolusi industri 4.0 dengan menyiapkan generasi digital. Untuk itu, relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Dharmasraya menginisiasi pembentukan pandu digital Kabupaten Dharmasraya.

Bertempat di Auditorium Kabupaten Dharmasraya, Selasa (17/9), pembentukan pandu digital Kabupaten Dharmasraya, difasilitasi langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Seminar Nasional dan Lokakarya menjadi seling agenda tersebut.

Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Komunikasi TIK, Dikjen Aptik Bambang Tri Santoso, menyampaikan, terselenggaranya seminar dan lokakarya pandu digital diharapkan para peserta ke depan mampu memberikan arahan serta dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Dharmasraya tentang bagaimana memanfaakan era digital dengan baik.

“Di Indonesia saat ini tengah memasuki era informasi dimana seluruh aspek kehidupan tak terlepas dari penggunaan informasi, sehingga pemanfaatan serta pengelolaan teknologi dibidang informasi dan komunikasi yang baik sangat diperlukan terlebih dalam menghadapi era industri 4.0,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal Dt Rajo Medan berharap dengan diadakannya pandu digital ini dapat meningkatkan literasi teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Dharmasraya terutama dalam upaya memerangi penyebaran informasi hoaks yang marak ditemukan di media sosial.

“Kami meminta kepada masyarakat Kabupaten Dharmasraya untuk selalu waspada dan bijak dalam menerima konten dan berita yang memuat informasi hoaks atau kebohongan,” ajaknya.

Amrizal juga berharap melalui pandu digital masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital untuk menunjang tingkat perekonomian desa seperti pemberdayaan UMKM juga dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi digital di era industri 4.0.

Sementara itu, inisiator acara sekaligus relawan TIK Kabupaten Dharmasraya Pandong Spenra, mengatakan, substansi pembentukan pandu digital adalah ingin membantu nagari secara khusus, daerah pada umumnya, bagaimana menggunakan media terutama digital untuk meningkatkan akses dan mempermudah atau mengefektivitaskan sistem pelayanan pada nagari.

"Kalau nagari, nantinya sistem informasi nagari, juga disiapkan membantu UMKM, dan kreator muda menciptakan kreasi di bidang teknologi informasi. Pandu digital nantinya akan mendampingi nagari, UMKM," beber Pandong.

Dalam acara seminar nasional dan pembentukan pandu digital Dharmasraya, Pandong mengatakan, hadir 221 orang. Mereka berasal dari kalangan UMKM, pemuda dan mahasiswa.

"Mereka dari seluruh se-Dharmasraya," tukasnya. (Osh)

Baca Juga

Turnamen sepakbola antar klub se-Sumatra Barat, Sutan Riska Cup 2 dibuka secara resmi oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Digelar di Dharmasraya, 16 Klub se-Sumbar Ikuti Turnamen Sutan Riska Cup 2
Sekda Dharmasraya, Adlisman menyerahkan bantuan sembako yang merupakan bentuk kepedulian masyarakat Dharmasraya terhadap korban
Sekda Adlisman Serahkan Bantuan dari Warga Dharmasraya untuk Korban Bencana di Agam
Pemkab Dharmasraya menerima tujuh unit ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2024.
Pemkab Dharmasraya Terima 7 Unit Ambulans dari Pemerintah Pusat
Pemkab Dharmasraya memperoleh penghargaan dari BPJS. Penghargaan itu diterima Pemkab Dharmasraya atas keberhasilan kepesertaan 100
100 Persen Penduduk Terlindungi Jaminan Kesehatan, Dharmasraya Raih Penghargaan BPJS
Bupati Dharmasraya, Sutan Riskan Tuanku Kerajaan melepas sebanyak 248 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan
Lepas 248 JCH Asal Dharmasraya, Bupati Sutan Riska: Jaga Kesehatan
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melantik dan mengambil sumpah janji jabatan fungsional sebanyak 486 PPPK) di Lingkungan
Bupati Dharmasraya Lantik 486 PPPK Formasi Tahun 2023